Saturday, 23 June 2018

15:08:00
2
Wisata Pasaman Barat - Perjalanan panjang dalam mencari kebahagiaan terkadang begitu melelahkan. Rutinitas bekerja seolah-olah menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang yang membuatnya terkadang bosan ataupun depresi.

Bagi sebagian orang, berlibur ke tempat wisata adalah pilihan tepat untuk mengganti rutinitas yang membosankan dengan hal yang menarik pada akhir pekan.

Bagi Anda yang sedang ingin menghilangkan penat dengan berwisata, ada banyak tempat yang dapat Anda kunjungi di daerah Anda. Tempat tersebut tak kalah indahnya dengan objek wisata di luar negeri.

Kali ini Bang Mamad akan mengajak Anda mengunjungi objek wisata yang ada di "Bumi Minang" Sumatera Barat. Tepatnya di Kabupaten Pasaman Barat yang kabarnya mempunya pesona wisata alam, budaya dan kuliner nan rancak banah.

Kabupaten Pasaman Barat merupakan salah satu kabupaten termuda di Sumatera Barat. Kabupaten ini dimekarkan pada tahun 2003 silam dari Pasaman dan beribukota di Kota Simpang Ampek.

Beragam potensi wisata yang dimiliki oleh Pasaman Barat layak untuk Anda jadikan destinasi wisata Anda saat liburan. Di Kabupaten yang berjarak 212 kilometer dari kota Padang ini  Anda akan menemukan suasana yang berbeda dari daerah lainnya di Sumbar.

Apa saja yang dapat Anda kunjungi di Pasaman Barat, kali ini Bang Mamad ajak Anda untuk melihat wisata terbaik di Kabupaten Pasaman Barat.

1. Pesona Indah Gunung Talamau

a photo by @hadiirsal via instagram
Gunung Talamau merupakan gunung tertinggi di Sumatera Barat yang identik dengan banyaknya air terjun di sekitarnya. Keindahan alam berupa lembah, telaga, pepohonan rindang dan banyaknya air terjun yang indah membuat gunung dengan ketinggian 2.982 mdpl ini layak untuk menjadi jalur pendakian Anda selanjutnya.

Gunung Talamau merupakan gunung yang masih sangat jarang didaki meskipun merupakan gunung tertinggi di Sumatera Barat. Boleh dibilang gunung ini masih kalah populernya dengan Gunung Singgalang, Marapi ataupun Kerinci.

Padahal dari segi keindahan, Gunung ini sama indahnya bahkan memiliki sisi berbeda di mana Anda dapat melihat 13 telaga yang begitu indah dan suasana alam begitu alami.

Salah satu alasan yang membuat gunung ini masih jarang dikunjungi adalah jalurnya yang cukup sulit karena dikelilingi hutan lebat dan kemiringan yang cukup curam. Boleh dibilang lebih sulit dibanding mendaki Kerinci dan Rinjani yang merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia.

Oh ya untuk jalur pendakian sobat semua harus menuju Desa Pinaga  yang menjadi Basecamp pendakian Gunung Talamau. Jaraknya sekitar 10 kilometer dari Kota Simpang Ampek. Ada jalur lainnya yaitu melalui Desa Harapan Baru namun kurang direkomendasikan karena medan lebih sulit.

Setelah sampai Anda harus melakukan perizinan dengan satuan tugas yang telah ditugaskan oleh Dinas Pariwisata setempat. Persiapan yang matang dan guide lokal adalah hal yang wajib Anda lakukan mengingat beratnya medan dalam pendakian Gunung Talamau ini.

Setelah sampai di puncak, Anda akan melihat betapa indahnya alam dan agungnya karya Tuhan yang telah menciptakan Gunung Talamau ini.

Anda bisa menggunakan jasa guide lokal Ari 082288110303 ataupun menghubungi satgasnya Andri di nomor 082171039333. Semoga informasinya bermanfaat dan jangan salah gunakan nomornya.

2. Keindahan Pantai Sasak

a photo by @sjr.pakjeje via instagram
Tempat kedua  yang tak kalah menariknya adalah Pantai Sasak. Pantai ini merupakan salah satu bukti keindahan alam Pasaman Barat yang sangat komplit.

Pantai yang terletak di Kenagarian Sasak, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasaman Barat ini tak pernah sepi di saat liburan tiba.

Ada beberapa hal yang membuat pantai super eksotis ini ramai dikunjungi salah satunya lokasi yang begitu dekat dengan Kota Simpang Ampek.

Selain itu, keramahan penduduk menambah citra eksotis pantai berpasir cokelat dengan gelombang laut mendayu dan air jernih ini. Kala senja menyapa suasana romantis begitu terasa ketika matahari hendak keperanduannya.

Beragam fasilitas yang tersedia juga membuat pantai ini benar-benar layak Anda kunjungi. Aktivitas berenang ataupun sekedar bersantai merupakan hal menarik yang dapat Anda lakukan di lokasi ini.

3. Air Terjun Puti Lenggo Geni

sumber : www.bukutahu.com
Sebelum melakukan pendakian Gunung Talamau, Anda dapat mengunjungi Air Terjun Puti Lenggo Geni. Air terjun ini terletak di Nagari Persiapan Pinagar, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar).

Untuk sampai di lokasi Air Terjun Puti Lenggo Geni ini, teman-teman harus melakukan trekking selama kurang lebih satu jam dari lokasi parkir kendaraan di Desa Pinagar.

Suasana alam yang begitu indah dengan hijaunya pepohonan berpadu merdu dengan kicauan burung. Aktivitas mandi di kolam pemandian terasa begitu mengasyikkan. Dijamin, Air Terjun Puti Lenggo Geni dapat menghilangkan penat Anda seketika.

4. Puti Gonjoli Hill

a photo by @@duabelasproduction via instagram 
Inilah objek wisata yang sedang hits di Pasbar, Bukit Puti Gonjoli. Bukit ini terkenal karena keindahan pemandangan di sekitarnya yang sangat cocok dijadikan latar belakang foto untuk di share di media sosial.

Selain indah, tempat ini merupakan salah satu tempat yang cocok untuk dijadikan arena take off paralayang. Tak heran, wisatawan asing pun akhirnya menjadikan arena ini untuk lokasi tujuan wisata mereka di Sumbar.

Untuk membuktikan keindahan Bukit Puti Gonjoli ini, teman-teman silahkan mengunjungi Nagari Persiapan Pinaga, Nagari Aua Kuniang(Nagari induk), Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat. Lokasinya tak jauh dari jalur pendakian Gunung Talamau.

5. Pantai Air Bangis


foto oleh @trichyannisa via instagram
Pantai Air Bangis merupakan salah satu lokasi terpopuler di Pasaman Barat. Pantai ini terletak di Nagari Aia Bangih, Kecamatan Sungai Beremas, Kabupaten Pasaman Barat.

Pantai indah berpasir tak terlalu putih ini memiliki perpaduan indah dengan hijaunya alam dan deburan ombak yang tak terlalu tinggi.

Di lokasi Pantai Air Bangis, teman-teman bisa berenang dengan aman dan bisa juga menikmati beragam fasilitas permainan seperti Banana Boat, Donat Boat, kereta bebek, istana balon dan juga pelampung untuk anak-anak.

Aktivitas lainnya ialah mengelilingi sembilan pulau yang ada di sekitar pantai ini. Selain itu, kala senja menyapa, matahari terbenam sangat indah dinikmati dari dermaga yang ada di lokasi ini.

6. Kesyahduan Pulau Pigago

foto oleh @indahelanta via instagram
Berkunjung ke Pasaman, masih kurang rasanya jika belum mengunjuungi Pulau Mungil yang super eksotis ini. Pantai berpasir putih dengan hijaunya alam dan jernihnya air laut.

Untuk menyeberang ke Pulau Pigago ini, Anda dapat menggunakan jasa penyeberangan nelayan setempat dari Dermaga Pantai Air Bangis. Dengan tarif sekitar Rp50.000,- dan waktu sekitar satu jam, Anda akan menikmati keindahan pulau yang masih perawan ini.

Dijamin, kalau ada penginapan di pulau ini pastinya Anda akan betah berlama-lama dengan keeksotisan alam di pulau ini. Sayangnya, pulau ini hanya dapat Anda nikmati beberapa jam saja karena minimnya fasilitas yang ada.

7. Keindahan Pantai Maligi


foto oleh @andree_md via instagram
Sumatera Barat memang terkenal dengan pantainya yang indah dan khas. Salah satunya adalah Pantai Maligi yang terletak di Nagari Maligi, Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasaman Barat.

Deretan pasir memanjang luas berpadu dengan deburan air laut yang indah dan deretan pepohonan nyiur. Lokasi ini sangat cocok dijadikan arena bermain yang seru karena tempatnya cukup luas.

Berbicara fasilitas, meskipun termasuk salah satu objek wisata unggulan, Pantai Maligi masih belum memiliki fasilitas yang lengkap. Mungkin, pemerintah setempat sengaja membuat pantai ini terkesan natural sehingga belum banyak dipoles.

8. Gua Paraman Ampalu


sumber : wonderfullpasbar.blogspot.com
Tak banyak yang tau bahwa salah satu yang menarik dikunjungi di Pasaman Barat adalah sebuah gua yang bernama Paraman Ampalu.

Sesuai dengan namanya, tempat yang dikenal dengan nama Kampung Goa ini terletak di Nagari Paraman Ampalu, Kecamatan Gunung Tuleh, Pasaman Barat.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Gua ini, anda tak perlu khawatir. Aksesnya bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat.

Selain Goa yang indah, hamparan pemandangan berupa pesawahan dan pepohonan hijau menjadi suguhan indah yang akan menghibur Anda selama perjalanan.

9. Menyaksikan Ikan Larangan Lubuk Landur


foto oleh @rhandrianjoko via instagram
Inilah salah satu hal unik yang bisa Anda saksikan di Pasaman Barat. Di sini Anda dapat menyaksikan ikan unik berwarna hitam yang dilarang untuk ditangkap diwaktu yang tidak ditentukan. Biasanya hanya setahun sekali ditangkap.

Lokasi wisata Ikan Larangan Syekh Lubuak Landua ini terletak di wilayah Pasaman 5. Tepatnya berada di Nagari Aua Kuniang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat.

Selain menyaksikan ikan larangan, berenang di aliran sungai yang begitu jernih adalah hal menarik lainnya yang patut Anda coba di lokasi ini.

10. Rumah Gadang Talamau


sumber : gosumbar.com
Pasaman Barat juga memiliki Rumah Gadang yang indah-indah. Bangunan Rumah Gadang Talamau dapat Anda temui di Koto Dalam Kenagarian Talu, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat.

11. Air Terjun Sipagogo


foto oleh @mhdhuseinl via instagram
Air terjun Sipagogo juga merupakan objek wisata yang sayang untuk dilewatkan. Air Terjun Sipagogo terletak di Jalan Situak, Nagari Ujung Gading, Kecamatan Lembah Malintang, Kabupaten Pasaman Barat.

Lokasi air terjun Sipagogo sangatlah indah dan instagramable. Meski tak begitu tinggi, kolam pemandiannya yang biru toska membuatnya terlihat sangat indah. Lokasi yang sangat cocok bagi Anda pecinta alam dan seni fotografi alias narsis.

Untuk sampai di lokasi air terjun ini Anda diharuskan melakukan perjalanan menuju Nagari Ujung Gading, kemudian dilanjutkan dengan trekking selama 30 menit melewati perkebunan. Rasa lelah Anda akan terbayar ketika melihat air terjun jernih yang airnya mengandung belerang ini.

12. Pantai Sikabau

foto oleh @belkifrananda via instagram
Pantai Sikabau adalah pantai lainnya yang sangat indah di Pasaman Barat yang dapat Anda jadikan tujuan wisata Anda. Salah satu pantai terluas dan indah ini terletak di Nagari Parit, Kecamatan Koto Balingka, Kabupaten Pasaman Barat.

13. Air Terjun Sarasah


foto oleh @reskipermataaji via instagram
Air Terjun Sarasah merupakan salah satu bukti bahwa Pasaman Barat kaya akan keindahan alam berupa air terjun yang super cantik.

Super indah, begitulah kesan yang akan sobat temui ketika berhasil mencapai air terjun ini. Air terjun ini menyajikan keindahan alam yang sangat memanjakan mata dan pemandian sejuk alaminya membuat siapa saja tak sabar untuk menceburkan diri.


Perjuangan yang melelahkan akan terbayarkan ketika sobat sampai di lokasi air terjun Sarasah ini. Air Terjun Sarasah ini terletak di Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat. Oh ya, sobat semua jangan sampai ketukar ya, karena di Kota Padang juga ada air terjun indah bernama Sarasah.


14. Pulau Panjang



sumber :wisatapasamanbarat.blogspot.com
Jika Anda tak mau ke Pulau Pigago, maka pilihan lainnya Anda dapat menuju pulau Panjang yang berada di sekitar Dermaga Air Bangis. Keindahannya juga tak kalah dengan eksotisme yang ditawarkan Pulau Pigago.

15. Menikmati Kuliner Rendang Lokan


sumber : www.saribundo.biz

Mencicipi kuliner Rendang ayam, kerbau ataupun sapi mungkin sudah biasa bagi Anda. Tapi kalau Lokan mungkin Anda baru pertama mendengarnya.


Lokan adalah salah satu jenis moluska yang hidup di pinggir laut. Bentuknya sendiri mirip dengan tiram. Salah satu kuliner yang harus Anda buru selama berada di Pasaman Barat adalah rendang yang satu ini. Tak usah diragukan lagi kalau soal rasa, dijamin rancak banah.


Itulah wisata di Pasaman Barat yang Bang Mamad pilihkan untuk teman-teman semua. Pesona keindahan yang Tuhan anugerahkan rasanya sudah seharusnya membuat kita bersyukur dan bahagia. Jaga dan cintai alam, kuliner dan budaya Indonesia. Baca juga Singkat tapi Bermakna, Kunjungi Lokasi Wisata Edukasi dan Indah di Kota Padang.

2 komentar: