Tuesday, 1 August 2017

21:37:00
4
Wisata Bima - Keindahan alam NTB memang tak diragukan lagi. Provinsi yang bertetangga dengan Bali ini memiliki pesona tak kalah cantiknya. Birunya laut dengan pantai berpasir putih adalah keunggulan daerah ini.

Salah satu kabupaten yang berada di NTB adalah Bima. Bima memiliki potensi yang sangat menakjubkan. Keindahannya seakan-akan menyihir siapa saja yang mengunjunginya.

Pesona budaya, alam, dan kuliner merupakan perpaduan yang menarik untuk dijadikan tujuan wisata. Apa saja tempat-tempat menarik yang dapat Anda kunjungi di Bima, kali ini Bang Mamad akan pilihkan beberapa tempat wisata terbaik di Bima.

1. Gunung Tambora


sumber : blog.muncak.id
Perjalanan menuju Gunung Tambora bukanlah hal yang mudah. Perjalanan selama berjam-jam harus dilewati untuk sampai di salah satu jalur pendakian Gunung Tambora. Jalur untuk mendaki dua gunung ini ada dua yaitu Doropeti dan Pancasila.

Sebaiknya Anda memilih jalur favorit pendaki yaitu Dusun Pancasila. Jalur ini relatif lebih mudah dan aman dibandingkan pendakian melalui jalur Doropeti.

Desa Pancasila merupakan desa yang diisi oleh penduduk migrasi. Jadi desa ini dihuni oleh berbagai macam suku yang ada di Indonesia. Memang jalur ini letaknya berada kabupaten Dompu, bukan di Bima seperti jalur Doropeti. Akan tetapi aksesnya dan jalurnya sedikit lebih mudah.

Sesampai di Puncak Tambora Anda tak henti-hentinya terpukau akan keindahan alam di sekeliling puncak ini. Gunung yang pernah meletus dahsyat pada tanggal 2 April 1815 ini memang surga bagi para pecinta alam.

Untuk mendaki Gunung Tambora wajib bagi Anda untuk menyewa guide untuk keamanan. Untuk ke titik awal pendakian yang bernama pintu Rimba Anda dapat memilih antara berjalan kaki selama dua jam atau menaiki ojek.

Jika Anda naik ojek maka waktu tempuh ke lokasi titik awal pendakian akan menghabiskan waktu selama tiga puluh menit saja. Lumayan bukan menghemat tenaga untuk pendakian kaldera terbesar di Indonesia ini.

Untuk kendaraan roda empat sepertinya tidak bisa masuk karena jalannya amat sempit dan tidak mulus. Sesampai di Pintu Rimba Anda akan melakukan pendakian ke pos satu dengan waktu sekitar dua sampai tiga jam.

Gunung Tambora ini terdiri dari lima pos. Kemudian Anda juga harus melewati kawah untuk sampai ke puncaknya. Untuk sampai ke pos satu jalannya relatif landai dan panjang. Saking panjangnya rasanya tak ada ujungnya.

Setelah kurang lebih tiga jam Anda akan sampai di pos satu. Pos ini sering dijadikan tempat peristirahatan utama. Di tempat ini akan Anda temui banyak sekali pendaki yang beristirahat.

Perjalanan dilanjutkan menuju pos dua dengan kondisi jalan masih relatif sama dengan pos satu. Hanya saja dijalan-jalan Anda akan menemui banyak sekali pohon tumbang. Udara dingin sudah mulai terasa di jalan menuju pos dua ini.

Sesampai di pos dua Anda akan menemukan juga pendaki yang ramai beristirahat. Di pos ini terdapat sebuah aliran air yang sangat segar dan sejuk.

Hari semakin gelap dan akhirnya Anda akan sampai di pos tiga. Di pos ini Anda harus ngecamp alias bermalam. Pendaki lain sangat ramai bermalam di tempat ini.

Anda dapat melakukan Summit Attack sekitar pukul dua pagi. Perlu ekstra hati-hati untuk melakukan summit attack ini, karena jalan gelap maka senter adalah peralatan utama. 

Hari mulai terang, angin kencang puncak gunung mulai Anda rasakan. Pemandangan yang Anda lihat akan berudah dari hutan tropis menjadi padang pasir. 

Belum sampai puncak Anda akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa. Setelah sampai di puncak yang berada di ketinggian 2851 mdpl Anda akan menemukan keindahan luar biasa.

Sebelum sampai puncak Anda akan menemukan kaldera Gunung Tambora yang merupakan kaldera terbesar di Indonesia. Bibir kawah Gunung Tambora atau kaldera ini terbentuk akibat erupsi hebat sepanjang pertengahan april 1815.

Kedalaman Kaldera Gunung Tambora ini bisa mencapai 1551 meter. Inilah surganya mata para pendaki. Dari dalam kaldera ini banyak mengepulkan asap belerang. Namanya Doro Api Toi yang dalam bahasa Bima artinya gunung api kecil.

Pemandangan tebing-tebing tinggi kawah akan membuat Anda sangat terpukau. Lapisan dindingnya menunjukkan betapa dahsyatnya letusan saat itu.

Perjuangan sampai puncak gunung ini merupakan sebuah kenikmatan terbesar dalam hidup seorang pendaki. Finally, akhirnya Anda akan sampai di puncak Gunung Tambora.

Puncak Gunung yang banyak membuat orang penasaran ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Sampai di puncak rasanya Anda enggan turun. Menikmati angin yang sejuk dengan view yang memukau senantiasa menambah rasa syukur kita atas indahnya alam yang Tuhan beri.

2. Pantai Pink Lambu


sumber : @wisatabima via Instagram
Satu lagi destinasi di Bima yaitu pantai yang berada di kawasan konservasi Cagar Alam Toffo Kota Lambu. Namun kawasan ini lebih populer dengan nama Pantai Pink. Disebut pantai Pink karena pasir pantainya memiliki warna merah muda.

Akhir-akhir ini pantai pink menjadi destinasi hits di Bima. Karena keunikannya pantai ini selalu ramai mengunjunginya. Menuju tempat wisata pantai Pink kecamatan Lambu, dapat melalui jalur darat dan laut.

Jika menggunakan kapal nelayan maka Anda harus melakukan perjalanan laut selama dua jam. Keindahan pemandangan alamnya menjadi hiburan tersendiri selama di kapal.

Rasa lelah akan terbayar ketika melihat keindahan yang pantai yang masih perawan ini. Hamparan pasir pink berpadu indah dengan laut biru dan bebukitan yang mengelilinya.

Pantai yang kenal dengan nama Torowamba ini merupakan salah satu lokasi foto terbaik di Bima. Keindahan alam bawah lautnya juga begitu memukau. Berenang ataupun bersantai menikmati alam pantai ini dijamin akan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi Anda.

3. Wisata Alam Bombo Ncera


sumber : @ajisur via Instagram
Salah satu air terjun yang sangat cantik di kabupaten Bima adalah air terjun yang berada di kawasan wisata alam Bombo Ncera. Air terjun Bombo Ncera terletak di Desa Ncera, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Berjarak sekitar 45 kilometer dari ibukota Bima. Keindahan air terjun ini begitu memukau. Rasanya rugi jika Anda ke tempat ini tanpa mandi di kolam pemandian mini Air Terjun Bombo Ncera.

4. Air Terjun Bombo Roi


sumber : @thisisbima00 via Instagram
Salah satu air terjun yang lagi hits di Bima adalah Air Terjun Bombo Roi. Air terjun ini terletak di Desa Roi, Kecamatan Belo Kabupaten Bima. Akses yang begitu mudah, keindahan alam yang memukau dan masyarakat yang ramah membuat air terjun ini menjadi primadona wisata di Bima.

5. Pantai Wadu Baba


sumber : @ipul.rahman21 via Instagram
Tak kalah memukau dengan Pantai Pink, Bima juga memiliki Pantai Wadu Baba yang mempunyai pesona yang luar biasa. Perpaduan pasir putih, bebukitan yang mengelilingi dan jernihnya air laut memberikan suasana yang amat menenangkan.

Kondisi pantai ini masih belum terlalu ramai. Fasilitas penunjang pun masih terbilang minim. Namun, itu merupakan hal menarik dari pantai ini. Pantai Wadu Baba terletak di Desa Sambane, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima.

6. Pantai Lawata Bima


sumber : @rarabiatulll via Instagram
Pantai Lawata Bima merupakan salah satu objek wisata yang selalu ramai dikunjungi. Lokasinya berada tak jauh dari Kota Bima. Meski tak seindah pantai lain, pantai ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang mencari pantai dekat dengan kota Bima.

7. Pantai Kalaki


sumber : @rosadamayantiap via Instagram
Pantai Kalaki merupakan pantai indah selanjutnya yang berbentuk teluk. Perpaduan pasir pantai yang begitu putih, air laut yang sangat jernih, panorama pegunungan dan perairan yang begitu tenang menjadikan pantai ini surga bagi pecinta wisata bahari.

Pantai Kalaki terletak di Desa Panda, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima. Pesona pantai ini sangat sayang untuk Anda lewatkan. Lokasi begitu instagramable ini dijamin akan memberikan kenangan tak terlupakan bagi Anda.

8. Pantai Lariti


sumber : @il_darsono via Instagram
Pantai Lariti merupakan pantai terunik yang ada di Bima. Pantai ini merupakan pantai yang membelah laut menjadi dua bagian. Pantai Lariti terletak di wilayah selatan Kabupaten Bima, tepatnya Desa Soro, Kecamatan Lambu Sape. 

Letak pantai berada tidak jauh dari Pelabuhan Sape, gerbang laut yang menghubungkan Pulau Sumbawa dan Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini merupakan surga terindah yang dimiliki oleh Bima.

9. Pantai Rontu


sumber : @zharnd via Instagram instagram
Tempat indah selanjutnya adalah pantai Rontu. Pantai Rontu merupakan pantai yang memiliki perpaduan alam begitu indah. Pantai Rontu merupakan pantai berpasir putih yang dikelilingi tebing bebukitan yang indah.

Pantai Rontu ini terletak di Desa Tangga Baru, Kecamatan Monta, Nusa Tenggara Barat. Jaraknya sekitar 1,5-2 jam dari Kota Bima. Pantai Rontu merupakan keindahan yang sangat sayang untuk dilewatkan jika Anda berkunjung ke Bima.

10. Bukit Sondosia


sumber : @jelajahbima via Instagram
Tak hanya pantai, Bima memiliki spot foto menarik lainnya yaitu Bukit Sondosia. Bukit ini menyajikan pemandangan alam yang memukau dan menyejukan mata. Bukit Sondosia terletak di di Desa Sondosia, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima.

Pemandangan ladang garam merupakan pemandangan yang sangat unik. Keindahannya bukit ini memang menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan. 

11. Pantai Tanjung Meriam


sumber : @riorachmawan22 via Instagram
Pantai Tanjung Meriam merupakan salah satu pantai terunik di Indonesia. Meski lokasinya sangat terpencil, pantai ini mestinya menjadi tempat yang masuk daftar tujuan wisata Anda di Bima. Pantai ini disebut-sebut memiliki bukit dengan planet klipton.

Pantai Tanjung Meriam berada tak jauh dari pantai Pink. Lokasinya masih berada di Kecamatan Lambu. Anda dapat mengakses melalui jalur laut dengan menyewa kapal nelayan. Waktu tempuh ke pantai ini sekitar dua jam. Keindahan pantai ini benar-benar akan membuat siapa saja akan terpukau.

12. Pulau Kelapa


sumber : @danarivaldi via Instagram
Pulau Kelapa adalah pulau yang disebut-sebut "Raja Ampat"nya Bima. Pulau ini memiliki pesona mengagumkan. Pulau ini berada di Kecamatan Lambu. Keindahannya akan menjadi surga wisata yang tak akan Anda lupakan.

Baca juga Sembalun, Surga Wisata Paling Hits di Lombok

Itulah lokasi wisata yang dapat Anda kunjungi di Bima dan sekitarnya. Pesona keindahan alamnya merupakan karunia Tuhan yang harus kita syukuri. Cintai alam, maka alam akan mencintaimu juga.

4 komentar:

  1. Jadi ingin ke Pantai Tanjung Meriam. Penasaran. Kalau di foto, batu-batunya mirip dengan yang di Gunung Padang, Jawa Barat. Bedanya yang di Gunung Padang lebih berantakan. Mau tahu aslinya gimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren abis pokoknya...tapi disarankan ke Tambora dulu...jauh lebih keren...

      lokasinya deket pantai pink

      Delete
    2. yang dekt pantai pink itu pantai tanjung meriam maksudnya

      Delete
  2. jgn lupa juga nih bg berkunjung ke Pantai Bajo Pulo yg benar-benar destinasi tempat wisata yg ccok buat para traveler yg pengen berburu foto dengan nuansa yg bikin orang-orang greget wktu ngeliatnya, luar biasa banget pemandangan nya bg, btw makasih ya buat rekomendasi tempat nya

    ReplyDelete