Sunday, 23 July 2017

20:36:00
Tempat Wisata di Lombok Tengah - Daya tarik wisata alam yang indah, eksotis dan alami membuat Lombok menjadi tujuan wisata favorit baik bagi wisatawan dari dalam maupun luar negeri.

Deburan ombak pantai, pasir yang indah dan unik, bukit-bukit dan hamparan lautan yang indah serta keunikan budaya membuat Lombok menjadi surga wisata Indonesia.

Berada di Timur Pulau Bali, kini daerah ini menjelma menjadi wisata andalan Indonesia. Selain alam yang indah, Lombok juga memiliki keindahan budaya, kuliner dan oleh-oleh khas yang akan membuat Anda bahagia berada di pulau ini.


sumber : @setoutomo via instagram
Udara Lombok yang masih segar dan lingkungan yang tak seramai Bali menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini.

Salah satu kabupaten di Pulau Lombok adalah kabupaten Lombok Tengah. Di daerah inilah Bandara Internasional Lombok berlokasi.

sumber : @richo_kyle via instagram
Sama halnya dengan daerah lainnya di Pulau Lombok. Lombok Tengah memiliki tempat-tempat yang super keren untuk Anda kunjungi. Apa saja tempat tersebut, berikut Bang Mamad pilihkan untuk Anda.

1. Menikmati Pesona Pantai Selong Belanak


sumber : @tomboloni via instagram
Pulau Lombok memiliki pantai-pantai yang tak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang ada di Pulau Dewata Bali. Salah satunya adalah Pantai Selong Belanak yang terletak di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah.

Pantai ini berjarak 49 kilometer dari Kota Mataram dan 10 kilometer dari Bandara Internasional Lombok. Pantai ini memiliki pasir putih halus yang memanjang.

Pantai Selong Belanak terkenal akan keindahan dan kebersihannya. Meski tidak sepopuler pantai lain di Lombok, namun Pantai Selong Belanak memiliki keunikan tersendiri. Pantai ini memiliki garis melengkung seperti bulan sabit.

Di bagian ujung sabit pantai ini terdapat bukit hijau yang menambah pesona Pantai Selong Belanak. Berenang dan berselancar adalah aktivitas menarik yang dapat Anda lakukan di pantai ini.

2. Menikmati Keindahan Pantai Kuta

sumber : @carolanejack via instagram
Dan yang tak kalah penting jika Anda berwisata ke Lombok adalah pantai-pantainya yang cantik. Salah satunya adalah Pantai Kuta yang terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Pantai Kuta ini berada tak jauh dari Bandara Internasional Lombok yaitu hanya sekitar setengah jam perjalanan. Jalan yang dilalui juga searah dengan Desa Sade. Dari kota Mataram, Pantai Kuta berjarak sekitar 56 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Meski belum banyak hotel berbintang di kawasan pantai Kuta ini, namun fasilitas penginapan dan tempat makan yang cukup banyak serta fasilitas lainnya, membuat pantai Kuta ramai dikunjungi oleh turis lokal maupun turis asing dibanding pantai lainnya di Lombok Tengah.

Pantai Kuta yang dijadikan tempat penyelenggaraan Bau Nyale ini memiliki keindahan khas. Dengan perpaduan gradasi laut dan karang pantai yang dipagari bukit hijau nan indah serta pasir pantai yang unik.

Pasir Pantai Kuta ini memiliki bentuk yang bulat dan memiliki tekstur seperti merica. Air laut yang jernih dan bersih, mengundang siapa saja untuk menceburkan diri ke Laut.

3. Romantisme Pemandangan di Pantai Tanjung Aan

sumber : @mr_mike_k via instagram
Berdekatan dengan Pantai Kuta Lombok terdapat Pantai Tanjung Aan yang tak kalah indahnya. Namun berbeda dengan pantai Kuta, fasilitas di Pantai Tanjung Aan masih sangat minim sehingga membuat pantai relatif lebih sepi.

Namun, itulah yang digemari wisatawan dari Pantai Tanjung Aan karena kealamiannya. Suasana tenang layaknya berada di private beach dapat Anda rasakan di pantai ini.

Seperti Pantai Kuta, pantai Tanjung Aan juga sering disebut pantai merica karena bentuk pasirnya bulat besar layaknya merica. 

4. Berjemur di Pantai Mawun


sumber : @ekopr4mono via instagram
Pantai Mawun merupakan pantai indah yang terletak di selatan Pulau Lombok. Pantai ini memiliki pasir putih dengan garis pantainya berbentuk seperti tapal kuda, dengan dua bukit yang berada di sebelah Timur dan Barat.

Berjemur di pantai ini merupakan salah satu aktivitas yang begitu mengasyikkan. Pemandangan super eksotis akan menjadi teman yang begitu menyenangkan di pantai yang terletak di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah ini.

5. Terpana Akan Keindahan Pantai  Batu Payung


sumber : @ovandp via instagram
Pantai Batu Payung merupakan salah satu pantai yang unik dan cantik di Lombok Tengah. Lokasinya tak jauh dari pantai Kuta Lombok yang dulu bernama pantai Mandalika.

Sama dengan Pantai Kuta, pantai ini memiliki pasir pantai yang bertekstur seperti merica. Dinamai Pantai Batu Payung karena di pantai ini terdapat sebuah batu yang menyerupai payung. Sangat eksotis dan terpana jika Anda berhasil mengunjungi pantai ini.

6. Keunikan Desa Sade



Berikutnya adalah pesona keindahan Desa Sade yang sayang untuk dilewatkan. Desa ini terletak di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Desa Sade dijadikan desa wisata oleh pemerintah setempat karena masih mempertahan tradisi asli dari Suku Sasak. Meskipun desa ini terletak di pinggir jalan raya, nampaknya mereka tidak mudah dipengaruhi oleh budaya modern.

Setiap harinya desa Sade banyak dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Mereka datang karena ingin mengetahui lebih dalam kebudayaan Suku Sasak.

Selama di Desa Sade Anda akan ditemani oleh pemandu lokal yang akan menjelaskan berbagai hal mengenai Desa Sade. Jika sedang beruntung Anda yang datang ke Desa ini akan disambut tarian gendang beleq dan tarian Amaq Tempenges yang merupakan tarian khas suku sasak.

Masuk lebih dalam lagi Anda akan melihat kehidupan tradisional masyarakat Desa Sade. Ada anak-anak sedang bermain, para wanita yang sedang membuat kain tenun cantik khas Suku Sasak dan nenek-nenek yang sedang membuat benang dari kapas atau ada juga wanita yang sedang bersantai.

Pemandangan yang sangat menarik. Hampir semua wanita di Desa Sade bisa menenun. Hasil tenunannya dijual langsung di halaman rumah masing-masing. Harga yang ditawarkan bervariasai, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah, tergantung bahan dan tingkat kerumitannya.

Hal lainnya yang dapat Anda lihat adalah rumah adat Suku Sasak di Desa Sade. Dan hal yang paling menarik pengunjung adalah kebiasaan masyarakat Sade membersihkan lantai rumahnya dengan kotoran kerbau atau sapi setiap seminggu sekali.

Kotoran ini diambil langsung dari kandang kerbau atau sapi yang ada dihalaman belakang rumah mereka. Kemudian dipel dengan tangan dan dicampur dengan sedikit air. Meski begitu, uniknya setiap orang yang masuk ke rumah ini tidak mencium bau kotoran kerbau atau sapi tersebut. 

7. Pemandangan Bukit Merese


sumber : @ivankur5 via instagram
Dahsyatnya keindahan Bukit Merese atau Merisik yang terletak di Kawasan Mandalika ini akan membuat Anda semakin menikmati Lombok Tengah.

Bukit Merese terletak di Jalan Kuta Lombok, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Lokasinya dapat ditempuh sekitar 45 menit dari Kota Mataram.

Bentang alam Bukit Merese berupa perbukitan dengan rumput hijau nan luas berpadu indah dengan putihnya pasir pantai yang memanjang serta deburan ombak laut.

Takjub mungkin itulah kata yang pas untuk menggambarkan keindahan Bukit Merese. Bukit ini merupakan salah satu lokasi terindah untuk menikmati alam Lombok Tengah.

8. Pesona Air Terjun Benang Kelambu


sumber : @taslamsaputra via instagram
Keelokan Wisata Air Terjun Benang Kelambu benar-benar memikat. Air terjun Benang Kelambu terletak di kaki Gunung Rijani, tepatnya Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Dinamakan benang kelambu karena aliran air setinggi 30 meter ini terlihat tipis dan lembut bagaikan tirai. Air terjun Benang Kelambu terletak sekitar 30 kilometer dari Kota Mataram.

Perjalanan berlanjut dengan jalan setapak melintasi kawasan taman Gunung Rijani. Tak perlu khawatir, jalur perlintasan menuju lokasi ini sangat aman. Matapun dimanjakan dengan hijaunya alam dan lelahpun akan terbayar seketika saat memandang suasana asri di sekitar air terjun Benang Kelambu.

Air terjun ini adalah salah satu destinasi wisata andalan Lombok Tengah. Tak heran, wisatawan tak pernah sepi berkunjung ke tempat ini. Terpikat dengan pesona alamnya, pelancong tak ingin melewatkan mengabadikan momen di sini.

Paling seru datang ke tempat ini bersama keluarga atau teman. Menurut kepercayaan lokal berendam dan bermain air disini bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan mengawetkan.

9. Menguji Adrenalin di Pantai Semeti



Salah satu pantai indah di Lombok Tengah adalah Pantai Semeti. Tiba di pantai Semeti Lombok pemandangan indah akan tersaji. Hamparan pasir putih yang digoda buih air laut yang jernih, perbukitan hijau yang dibatasi tebing karang dan birunya air laut tampak begitu indah.

Selain menikmati pemandangan, Ada juga yang mencoba sensasi menguji adrenalin di sini. Anda dapat melakukan panjat tebing karang Pantai Semeti setinggi 80 meter.

Tak mudah untuk bergerak di bebatuan karang licin oleh deburan ombak. Pemanjat harus hati-hati karena batuannya tajam dan keras. 

Selesai memanjat, suasana matahari terbenam di pantai yang berada di Desa Selong Belanat, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah seakan mampu menyekat keringat dan lelah yang ada.

10. Eksotisme Bukit dan Pantai Seger


sumber : @aryfalfaryzy via instagram
Alam Lombok sungguh mempesona. Dari Bukit Pantai Seger Anda dapat memandangi keajaiban alam yang mengagumkan. Hamparan bukit cokelat berpadu dengan indahnya deburan ombak laut serta pantai yang memanjang.

Pantai yang erat kaitannya dengan legenda Putri Mandalika ini menyimpan keindahan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Di pantai ini Anda dapat berselancar menikmati ombak indah yang menggulung.

Pantai yang tak jauh dari Pantai Kuta ini juga merupakan tempat terbaik untuk menikmati matahari tenggelam. Suasana romantis begitu terasa ketika hilangnya cahaya matahari di ufuk barat dan terpaan angin laut sepoi-sepoi.

Nyaman sekali di Pantai Seger. Pantainya masih sepi membuat Anda serasa di pantai pribadi. Saat berjalan di jembatan dekat pantai ini terdapat monumen putri mandalika. Sebuah legenda yang sangat terkenal di Lombok.

11. Berselancar di Pantai Gerupuk

sumber : @kanoa1028 via instagram
Inilah pantai yang merupakan surga bagi para peselancar. Pantai Gerupuk, mungkin mendengar namanya terdengar asing di telinga Anda. Akan tetapi bagi pecinta selancar dunia pantai ini merupakan surga bagi mereka.

Pantai ini memiliki ombak yang cukup tinggi dengan pemandangan alam yang mencengangkan. Pantai ini berada sekitar 8 km dari Pantai Kuta dan berjarak sekitar 4 km dari Tanjung Aan.

12. Pemandangan Bukit Tunak


sumber : @richo_kyle via instagram
Alam Lombok yang indah mampu menjadi hipnotis selama perjalanan. Takjub adalah satu kata yang terlitas ketika melihat alam yang seindah ini.

Pasir putih yang panjang, birunya air laut berombak dan hijaunya perbukitan merupakan perpaduan yang sempurna. Taman Wisata Alam Gunung Tunak sering disebut bukit Tunak.  Tempat ini merupakan lokasi terbaik untuk menjadi latar belakang foto Anda.

Taman Wisata Alam Gunung Tunak merupakan salah satu dari tujuh belas kawasan konservasi yang dikelola oleh Balai Konservasi NTB. Rasanya enggan beranjak dari tempat mempesona ini.


Itulah tempat-tempat indah di Lombok Tengah. Anugerah keindahan Tuhan yang amat patut kita Syukuri. Cintai alammu maka alam akan mencintaimu juga.

0 komentar:

Post a Comment