Sunday, 18 June 2017

10:53:00
2
Tempat Wisata di Gowa - Gowa mungkin nama daerah yang satu ini sudah tak asing lagi di telinga kita masyarakat Indonesia. Kerajaan Gowa adalah salah satu kerajaan bersejarah dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Tak hanya kaya sejarah, ternyata Gowa mempunyai potensi wisata yang amat besar. Keindahan alam berupa air terjun, hutan, dan danau membuat siapa saja akan terpesona keindahannya. Selain sejarah dan alam, potensi wisata kuliner, budaya serta religinya membuat daerah ini benar-benar layak untuk menjadi tujuan wisata Anda.

Gowa beribukota di Kota Sungguminasa. Jaraknya hanya sekitar 10 kilometer dari pusat kota Makassar. Jarak tempuh yang cukup dekat. Apa saja objek wisata yang dapat Anda kunjungi di Gowa. Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Air Terjun Takapala

sumber : @adhe_p2 via instagram
Mengunjungi air terjun Takapala, Anda akan menemukan sebuah keindahan alam yang begitu sempurna. Air terjun ini diapit oleh tebing-tebing batu yang sebagiannya ditumbuhi rerumputan hijau. Pancaran cahaya pelangi di lokasi air terjun Takapala juga akan menambah rasa kagum Anda tentunya.

Air terjun ini berada tak jauh dari perkebunan Teh Malino Highland. Gemuruh airnya terdengar sangat indah. Sebuah spot foto terbaik yang tak jauh di kota Makassar. Bagi Anda yang ingin mandi, Anda dapat mandi di kolam pemandian yang berada tepat berada di bawah air terjun ini.

Tapi hati-hati, karena untuk turun ke air terjun ini Anda harus melewati bebatuan yang amat licin. Dan jika musim hujan tiba sebaiknya Anda menghindari mandi di lokasi air terjun ini karena debit air sangat deras.

Konon, dibalik pancuran air terjun ini terdapat sebuah gua yang keberadaannya sampai hari ini masih menjadi misteri. Air terjun Takapala terletak di Desa Bulu’ Tana, Kecamatan tinggi moncong, kurang lebih 6 km dari Kota Malino dan 66 kilometer dari pusat kota Makassar.

2. Wisata Kebun Gowa

sumber : @renyoegha via instagram
Kebun Gowa adalah salah satu sarana wisata tepat bagi Anda penikmat Agrowisata. Di kebun wisata ini terdapat berbagai jenis buah-buahan seperti mangga, nangka, serta pohon lain seperti cemara.

Taman Wisata ini ditata sedemikian rupa sehingga nampak begitu indah. Tanaman hias berjajar rapi dengan kondisi taman cukup bersih. Beragam hal dapat Anda nikmati di tempat wisata ini seperti memancing, berenang, wisata kuliner, bermain ATV, sepeda listrik dan scuter.

Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat favorit para keluarga menghabiskan waktu libur mereka. Letaknya berada di jalan Poros Malino, Desa Bontomanai, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa.

Hanya berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Makassar. Untuk memasuki lokasi wisara Kebun Gowa ini Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp15.000,- pada hari biasa dan Rp20.000,- pada saat akhir pekan.

3. Benteng Somba Opu

sumber : @arulsyamsul via instagram  
Salah satu bangunan bersejarah lainnya adalah keberadaan Benteng Somba Opu. Bangunan peninggalan kesultanan Gowa pada abad ke 16 ini merupakan bangunan indah yang sangat kaya nilai sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Bangunan Benteng Somba Opu sendiri sebenarnya telah terendam oleh ombak pasang dan hancur. Namun, pada tahun 1990 Benteng ini kembali dipugar. Tak hanya benteng, di lokasi ini juga terdapat museum, meriam dan bangunan rumah adat khas bugis.

Benteng Sumba Opu merupakan tempat yang amat sayang untuk Anda lewatkan. Di tempat ini Anda dapat mengenal khazanah sejarah Indonesia lebih dalam. Benteng ini terletak di Jalan Daeng Tata, Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa. Dan jaraknya hanya 7 kilometer dari kota Makassar.

4. Bendungan Kampili

sumber : @davidkristianp via instagram
Berkunjung ke bendungan merupakan sebuah aktivitas yang cukup unik dan asyik. Salah satu bendungan yang punya pemandangan super keren di Gowa adalah Bendungan Kampili.

Alam yang hijau, air yang jernih dan bebatuan unik serta cantik dapat dijadikan lokasi bersantai dan berfoto yang menarik. Selain itu, di bendungan ini Anda juga dapat melakukan aktivitas memancing yang merupakan salah satu aktivitas yang sangat seru.

Bendungan ini terletak di Desa Kampili Kecamatan Pallangga, Gowa. Untuk masuk ke lokasi ini gratis dan pada saat-saat tertentu Anda akan dikenakan biaya parkir. Alam yang hijau dan keunikan Bendungan Kampili membuatnya benar-benar layak untuk Anda kunjungi.

5. Malino Highlands

sumber : @luvly_ten via instagram
Salah satu tempat wisata favorit di Gowa adalah berkunjung ke Malino Highlands. Sebuah tempat yang menawarkan pemandangan indah yang amat tak biasa. Dikelilingi pegunungan dan bebukitan hijau serta keindahan perkebunan teh merupakan pemandangan yang sangat menyejukkan mata Anda.

Cuaca yang dingin dan kabut yang menyapa di pagi hari terasa indah sembari bersepeda atau berkuda di tempat ini. Bahagia itulah kesan yang didapatkan ketika berkunjung ke perkebunan yang dilengkapi kebun binatang mini ini.

Taman bunga, air terjun dan beberapa spot sangat menarik untuk Anda kunjungi di Malino Highlands. Pesona keindahan yang sangat mengagumkan. Untuk memasuki kawasan ini Anda akan dikenakan biaya masuk Rp50.000,- untuk dewasa dan Rp25.000,- untuk anak-anak.

6. Danau Tanralili

sumber : @enallongga via instagram
Mengunjungi danau akan memberikan ketenangan tersendiri bagi Anda tentunya. Apalagi danau tersebut dikelilingi pemandangan yang sangat indah. Nah, di Gowa ada sebuah danau yang menawarkan pemandangan luar biasa yaitu Danau Tanralili.

Sebuah pesona alam yang diciptakan Tuhan di kaki Gunung Bawakaraeng, Malino, Kabupaten Gowa. Ketenangan mendalam akan Anda rasakan jika berkunjung ke lokasi danau ini.

Danau Tanralili yang kerap disebut "Ranah Kumolo"nya Goa ini terletak di  Desa Manimbahoi, Kecamatan Parigi, Gowa. Tak mudah memang untuk mencapai lokasi danau super eksotis ini. Setidaknya Anda harus melakukan trekking selama 3 jam.

Dari desa Lengkese adalah mulai trekking Anda setelah memarkir kendaraan Anda. Biaya parkir motor Rp 5.000 dan biaya registrasi juga Rp 5.000. Cukup murah dan terjangkau.

Bukit dan lembah menanjak tajam harus Anda lewati untuk sampai. Lelah memang, tetapi pemandangan selama perjalanan akan menjadi hiburan tersendiri bagi Anda. Setelah sampai Anda akan melihat betapa indah dan mempesonanya Danau Tanralili ini.

Dijamin rasa lelah Anda akan hilang seketika ketika melihat pemandangan alam di sekitar danau ini. Lokasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin kemah di alam bebas. Pemandangan yang sangat cocok untuk dijadikan lokasi foto Anda selanjutnya.

7. Air Terjun Parangloe

sumber : @rafiiriansyah1 via instagram
Banyak yang mengatakan bahwa air terjun Parangloe merupakan salah satu air terjun terindah di Sulawesi Selatan. Meski baru-baru ini terjadi tragedi di lokasi air terjun ini, tapi tetap saja air terjun ini merupakan salah satu tempat yang sangat direkomendasikan di Gowa.

Air terjun ini terletak di Desa Bori, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa dan berjarak 20 kilometer dari kota Makassar. Untuk menikmati keindahan yang mempesona tersebut harus diimbangi antara semangat dengan kehati-hatian yang tinggi. Kadang-kadang dengan tiba-tiba air bah meluncur dari air terjun ini.

Air terjun ini memiliki pemandangan menakjubkan dengan susunan bebatuan dan pancuran air terjun melebar. Tak ada biaya untuk memasuki air terjun yang cantik ini. Anda hanya perlu trekking beberapa menit untuk menemukan keindahan tersembunya dari air terjun ini.

8. Wisata Kuliner Bendungan Bili-Bili

sumber : @lesehanhjcinnong via instagram
Salah satu tempat makan yang sangat direkomendasikan adalah di sekitar Bendungan Bili-Bili. Di lokasi bendungan ini terdapat berbagai macam hidangan kuliner yang sangat lezat dengan harga yang terjangkau.

Beragam jenis ikan seperti Mulai dari Ikan Patin, Ikan Mas, Ikan Lele, hingga ayam kampung dapat Anda nikmati di tempat ini. Pemandangan yang indah di bendungan ini dijamin akan menambah selera makan Anda. 

Wisata Kuliner Bendungan Bili-Bili terletak di Desa Bili-Bili, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa. Berjarak sekitar 30 kilometer dari kota Makassar dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Bagi Anda pecinta kuliner, sayang rasanya untuk melewati tempat ini.

9. Pemandian Lembah Biru

sumber : @arfandy_m via instagram
Ingin menikmati kesegaran air biru dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Maka lembah biru Malino adalah pilihan yang tepat. Sengat mentari yang bersinar di pagi yang cerah terasa begitu indah jika Anda berenang di tempat ini.

Air yang bersih dan sejuk akan memberikan ketenangan tersendiri bagi Anda. Dikeliling tempat ini Anda akan melihat bebukitan indah. Sangat recomended bagi Anda yang gemar berenang dan penikmat suasana amat santai.

10. Lembah Ramma

sumber : @mhmmdikrm_ via instagram
Salah satu spot terindah di Malino adalah Lembah Ramma. Bagi Anda para petualang, tempat ini sangat cocok jadi jalur trekking dan tempat kemah Anda selanjutnya. Berada di lokasi ini Anda akan melihat pemandangan alam yang sangat menyejukkan mata.

Bukit-bukit hijau mengelilingi Lembah yang terletak di kaki gunung Bawakaraeng terlihat begitu eksotis. Pilihan alternatif selain mendaki puncak Bawakaraeng. Untuk melakukan trekking ke lembah ini jangan lupa persiapan bekal dan fisik yang matang.

Nah, itulah 10 tempat wisata pilihan Bang Mamad. Menjelajah kabupaten ini tak cukup hanya menghabiskan waktu seminggu karena amat banyak keindahan yang bisa kita eksplor. Selamat berlibur dan jagalah kelestarian alam Indonesia.

2 komentar:

  1. wow Lembah Ramma punya tempat yang indah dan jadi pengen jalan-jalan naik sampan ke sana

    ReplyDelete
  2. Minta ijin untuk mengutip artikel kak.Sumbernya tetap dimasukkan. Terima kasih kak.

    ReplyDelete