Thursday, 22 June 2017

17:08:00
1
Wisata Kabupaten Tana Toraja dan Tana Toraja Utara Sulawesi Selatan - Keindahan Toraja memang membuat siapa saja akan terpukau. Keindahan budaya yang harmonis dengan kekhasannya akan menjadi sebuah hal yang tak terlupakan bagi perjalanan wisata Anda.

sumber : @ramazangoden via instagram
Seluruh panorama alam di dataran tinggi Toraja mampu menghipnotis siapa saja yang datang ke daerah ini. Ada banyak tempat yang dapat Anda eksplor di dua kabupaten yang didiami penduduk Suku Toraja ini.

Jaraknya dari Makassar memang cukup jauh yaitu sekitar tujuh jam perjalanan darat. Tapi hal itu tidak menjadi penghambat bagi turis dari dalam negeri ataupun mancanegara untuk menyelami keindahannya.

Ada banyak tempat yang dapat Anda kunjungi di Tana Toraja dan Tana Toraja Utara. Kali ini Bang Mamad akan pilihkan beberapa tempat terbaik yang mesti Anda kunjungi.

1. Kolam Tilanga

sumber : @richo_kyle via instagram
Kolam Tilanga merupakan salah satu tempat terindah  yang masih jarang dieksplor di Tana Toraja. Mandi di kolam Tilanga akan memberikan kesegaran dan kesejukan tersendiri bagi Anda.

Dikelilingi hutan nan hijau, tampak kejernihan airnya berpadu indah dengan riuhnya suara alam. Untuk memasuki kolam pemandian yang berada di kecamatan Makale Utara ini, pengunjung diharuskan membayar biaya masuk Rp10.000,-.

Jika beruntung Anda akan menemukan ikan Massapi di pemandian ini. Ikan Massapi merupakan ikan yang menyerupai belut namun memiliki telinga. Ia bersembunyi di antara bebatuan yang ada di Kolam Tilanga.

Untuk memancing ikan Massapi keluar, Anda dapat membawa telur bebek. Dijamin jika beruntung Anda akan menemui ikan unik ini. Selain melihat ikan Massapi, hal menarik lainnya di tempat ini adalah melakukan cliff jump.

Tebing bebatuan di sekitarnya merupakan spot yang cukup menarik untuk di lompati. Tapi Anda harus hati-hati karena hanya beberapa sudut yang aman untuk melompat.

Tunggu apalagi, rasanya menjelajahi alam toraja adalah hal yang paling menyenangkan. Keindahannya akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

2. Negeri atas awan Ollon Toraja

sumber : @toraja_id via instagram
Berada di Ollon akan menambah rasa syukur Anda atas hidup yang Tuhan berikan. Keindahan alamnya benar-benar membuat Anda terkagum-kagum.

Ollon merupakan negeri di atas awan yang memiliki pemandangan yang amat menakjubkan. Dari tempat ini Anda akan melihat indahnya awan yang berada sejajar bahkan di bawah Anda.

Hamparan bukit, sungai dan pepohonan menambah keeksotisan tempat ini. Tempat yang terletak di Lembang Bau Kecamatan Bonggakaradeng ini benar-benar sayang untuk dilewatkan.

3. Gumuk Pasir Toraja

sumber : @richo_kyle via instagram
Tak hanya di Jogja Anda dapat bermain seru di gumuk pasir. Di tanah Toraja yang super sejuk Anda juga menemukan gumuk pasir yang tak kalah indahnya.

Hamparan gumuk pasir di Toraja sangat unik karena warna pasirnya adalah hitam. Sangat instagramable jika dijadikan lokasi foto bagi Anda.

Gumuk pasir ini terletak di pedalaman Sumalu, Kecamatan Buntao, Tantebua, Toraja Utara. Takjub, mungkin itulah kesan Anda jika melihat hamparan pasir hitam bak bukit-bukit yang sangat mempesona ini.

4. Danau Limbong

sumber : @iinfarlina15 via instagram
Pesona alam lainnya adalah Danau Limbong atau juga disebut Kolam Alam Limbong. Sebuah tempat yang menawarkan pemandangan yang begitu memukau.

Untuk memasuki objek wisata Danau Limbong pengunjung dikenakan tiket masuk Rp10.000,- untuk wisatawan lokal dan Rp20.000,- untuk wisatawan mancanegara.

Danau Limbong berada sekitar 2 kilometer dari pusat kota Rantepao. Tepatnya berada di Kelurahan Lembang Limbong, Kecamatan Rantepao, Kabupaten Tana Toraja Utara.

Suasana alam desa yang asri, tebing bebatuan yang tinggi dan hijaunya air kolam alam ini seakan-akan memberikan ketenangan tersendiri bagi Anda.

Beragam fasilitas juga tersedia di tempat ini, mulai dari tempat duduk, gazebo, sepeda air, perahu kayu dan homestay. Di tempat ini terdapat banyak spot foto yang akan memanjakan Anda pecinta foto selfie.

5. Desa Pallawa

sumber : @richo_kyle via instagram
Pallawa, sebuah desa yang kaya budaya dan sejarah di Toraja. Desa Adat Pallawa memiliki bangunan Tongkonan yang sangat unik dan indah. Keindahan dan keunikannya membuat tempat ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan.

Desa Adat Pallawa ini terletak di Kecamatan Sesean yang hanya berjarak sekitar 12 kilometer dari kota Rantepao. Kata orang-orang Anda belum ke Toraja jika Anda belum mengunjungi Desa yang kaya tradisi dan indah ini.

6. Londa

sumber : @khaylilasara via instagram
Salah satu destinasi wisata di toraja yang amat ikonik adalah Londa. Sebuah tebing batu yang dijadikan pemakaman unik sekaligus mengagumkan.

Di dinding sebuah bukit nan tinggi terdapat ratusan peti mati berjejer dan patung-patung yang sangat unik. Bayangkan betapa kerennya tempat ini.

Kompleks makam Londa terletak di Desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Tana Toraja. Untuk memasuki tempat super keren ini Anda harus merogoh kocek sebesar Rp10.000,- dan perlu lagi menyewa lentera dengan harga Rp25.000,-.

7. Kete Kesu

sumber : @richo_kyle via instagram
Dan yang paling wajib di Toraja adalah mengunjungi desa adat Kete Kesu. Kete Kesu adalah desa adat yang mengagumkan dengan pesona alam, budaya dan tongkonannya. Untuk memasuki desa adat ini Anda harus menyiapkan uang Rp10.000,- per orang.

Di tempat ini juga terdapat tebing pemakaman dengan tulang belulang yang hampir mirip dengan londa. Tempat super unik ini terletak di Kampung Bonoran, Kelurahan Tikunna Malenong, Kecamatan Sanggalangi, Toraja Utara.

Jaraknya hanya sekitar 5 kilometer dari kota Rantepao. Indahnya desa unik dengan tradisi khas ini akan membuat Anda terkagum-kagum. Sangan cocok bagi Anda yang gemar fotograpi sambil menyelami kehidupan budaya dan adat istiadat yang begitu khas.

8. Batutumonga

sumber : @rinfotoraja via instagram
Bagi Anda yang ingin melihat pesona keindahan Rantepao dari ketinggian maka Batutumonga adalah tempatnya. Tempat ini merupakan negeri di atas awan lainnya yang menjadi lokasi favorit wisatawan untuk memandangi indahnya matahari terbit.

Pemandangan selama di perjalanan merupakan hiburan tersendiri bagi Anda yang mengunjungi Batutumonga. Batutumonga merupakan kota kecil yang berada di lereng Gunung Sesean di kecamatan Sesean Suloara.

Dari Rantepao Anda hanya harus melakukan perjalanan sejauh 24 kilometer melewati jalanan dengan pemandangan indah dan mendebarkan. 

Di negeri atas awan ini terdapat beberapa tempat menakjubkan yang dapat Anda kunjungi diantaranya Tinimbayo Coffee Shop, Restoran Mentirotiku, batu alam Lo’ko’ Mata, dan Tongkonan. Pemandangan yang amat menyejukkan mata di tempat ini dijamin akan membuat Anda betah berlibur ke Toraja.

9. Lemo Toraja

sumber : @adimasnuel via instagram
Salah satu tempat lainnya yang menampilkan kuburan batu yang berada di dinding bukit adalah Lemo. Kuburan ini tak jauh dari kota Rantepao yaitu hanya berjarak sekitar 12 kilometer. Tepatnya terletak di desa (lembang) Lemo kecamatan Makale Utara.

Selain melihat kompleks pemakaman yang amat unik, Desa Lemo juga menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Selain itu hasil seni pahat, tenun dan tarian dari Desa Lemo merupakan magnet yang sangat mempesona bagi wisatawan.

10. Upacara Rambu Solo

sumber : indonesiakaya.com
Prosesi pemakaman di Toraja merupakan hal lain yang amat sayang untuk dilewatkan di Tana Toraja. Kalau di daerah lain mengadakan resepsi pernikahan amat mahal, beda halnya dengan Toraja. Prosesi pemakaman jauh lebih mahal dari sebuah pesta pernikahan.

Karena mahalnya biaya, jenazah kadang baru dimakamkan setelah berminggu-minggu, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun setelah wafat. Hal tersebut dikarenakan menunggu uang untuk prosesi pemakaman terkumpul.

Tanpa Rambu Solo maka masyarakat setempat percaya bahwa ruh orang yang telah meninggal akan memberikan kemalangan pada keluarga yang ditinggalkannya.

Dengan biaya puluhan hingga ratusan juta, prosesi pemakaman ala adat Toraja ini merupakan sajian menarik yang wajib Anda nantikan. Berbagai atraksi khasnya akan menjadi pengalaman wisata tak terlupakan bagi Anda.

11. Tongkonan Lempe Lolai Toraja Utara

sumber : @abun_pasanggang via instagram
Satu lagi negeri di atas awan yang menawarkan pemandangan yang begitu indahnya. Ketika pagi menyapa di  Tongkonan Lempe Lolai Toraja Utara ini Anda akan melihat betapa indahnya sunrise dan tarian awan di bawah Anda.

Keindahan alam, bangunan tradisional serta sederet fasilitas seperti resort, resto, waterboom, sarana outbond dan tribun di depan untuk melihat pemandangan awan di pagi hari siap memanjakan Anda.

Kampung wisata yang berada di ketinggian 1.300 mdpl ini merupakan salah satu tempat terindah yang dapat Anda kunjungi di Toraja. Letaknya hanya sekitar 20 kilometer dari kota Rantepao. Tepatnya berada di Desa Lolai, Kecamatan Kapala Pitu, Kabupaten Toraja Utara.

12. Puncak Buntu Sarira

sumber : @jelatang_arcopodo via instagram
Salah satu spot foto yang hangat diperbincangkan di sosial media adalah Puncak Buntu Sarira. Tempat ini merupakan salah satu spot di ketinggian 1.231 mdpl yang dengan sempurnanya Anda dapat menyaksikan matahari tenggelam di ufuk barat.

"Negeri di atas awan" begitulah tempat ini dijuluki. Hamparan pemandangan dan bebukitan hijau siap menyihir mata Anda hingga tak berkedip. Buntu Sarira atau Gunung Sarira terletak di Kelurahan Sarira, Tilanga’, Kecamatan Makale Utara, Kabupaten Tana Toraja.

Itulah pesona yang dimiliki Toraja. Kedua kabupaten yang berdekatan ini merupakan salah satu surga yang dimiliki Indonesia yang dapat Anda eksplor. Pesonanya dijamin akan membuat siapa saja rindu untuk datang ke Toraja.

1 komentar: