Tuesday, 11 April 2017

11:46:00
Wisata Bengkulu - Indonesia memang kaya akan pesona alam dan budaya serta kearifan lokal yang begitu khas. Di setiap sudut negeri ini ada saja keindahan yang membuat berdecak kagum bagi siapa saja yang mengunjunginya.

sumber : setkab.go.id
Tak heran dari tahun ke tahun kunjungan wisatawan mancanegara ke berbagai daerah semakin meningkat. Apalagi dengan adanya sosial media yang menjadi tempat promosi keindahan Indonesia secara gratis dan ternyata memiliki efek yang cukup besar.

Salah satu tempat yang begitu indah dan sayang kita lewatkan adalah Pulau Enggano. Pulau Enggano adalah sebuah pulau indah yang menjadi bagian kepulauan terluar Indonesia. Pulau ini terletak di Sebelah Barat Daya Bengkulu dan berbatasan dengan Samudera Hindia.

Pulau Enggano sendiri secara administratif merupakan bagian wilayah dari Kabupaten Bengkulu Utara yang terdiri dari satu kecamatan dan enam desa yaitu Desa Kahyapu, Meok, Banjarsari, Malakoni, Kaana,dan Apoho.

Bisa dibilang Pulau Enggano merupakan hidden paradise-nya Bengkulu. Ada yang bilang pesona pulau ini menyaingi keindahan Wakatobi dan Raja Ampat. Pulau seluas 397,2 km persegi ini juga dikelilingi pulau-pulau kecil nan mempesona seperti Pulau Dua, Merbau, Bangkai dan Pulau Satu.

Dari Kota Bengkulu Pulau ini berjarak 156 kilometer ataupun berjarak 90 mil laut. Dari kota Bengkulu menuju pulau Enggano ditempuh dalam waktu 12 jam dengan menggunakan Kapal Ferry dari Pelabuhan Pulau Baii Kota Bengkulu. Selain jalur laut, saat ini telah tersedia jalur udara menggunakan pesawat perintis dengan waktu terbang hanya 40 menit.


Pesona indah akan langsung Anda rasakan ketika menginjakkan kaki di pulau ini. Suasana alam dengan pantai indah dan laut mempesona berpadu indah dengan keramahan penduduk serta kearifan lokalnya. 

Nah, kali ini Bang Mamad akan memilihkan beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi di pulau nan eksotis ini. Yakin, setelah berkunjung ke tempat ini, Anda pastinya betah dan ingin berlama-lama liburan di Pulau Enggano. Apa dan di mana saja tempat tersebut. Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Eksotika Pantai Koomang di Pulau Enggano Bengkulu

sumber : @fianbkl via Instagram
Pantai Koomang adalah salah satu pantai paling indah di Pulau Enggano. Keindahannya membuat siapa saja yang datang ke tempat ini sulit melupakannya. Di pantai ini Anda dapat melihat dua sisi laut yang indah dari sebuah tebing yang berada di tengahnya.

Pantai yang terletak di ujung utara Pulau Enggano ini terlihat masih alami dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Pasir pantai nan putih dan ekstotis berpadu indah dengan birunya laut dan indahnya alam.


Selain keindahan pantai, di tempat ini terdapat karang-karang cadas yang cocok Anda jadikan tempat olahraga panjat tebing. Bebatuan tersebut kokoh bak tembok yang sangat cocok Anda panjati dan jadikan spot foto menarik.


Pantai Koomang terletak di desa Kaana kecamatan Enggano. Pantai yang masih perawan ini terlihat sangat bersih. Letaknya jauh dari perkampungan warga membuat Anda yang berlibur di pantai ini terasa bak berlibur di pulau pribadi. Keindahan pantai ini membuat pantai ini layak menjadi tujuan utama wisata Anda di Pulau Enggano.

2. Pesona Sunset Pantai Ujung Batu Pulau Enggano Bengkulu

sumber : @fairuzsamhari via Instagram
Pantai Ujung Batu di Pulau Enggano merupakan salah satu tempat yang memancarkan keindahan yang luar biasa. Tempat ini merupakan salah satu tempat terbaik menikmati senja dan merasakan suasana amat romantis.

Lokasinya berdekatan dengan Pantai Sumur dan setelah Pantai Eska yang terletak di Ujung Utara Pulau Enggano. Pantai ini terkenal dengan kealamiannya dan keindahan karang di sepanjang pantainya.

Di tempat ini Anda akan puas menikmati birunya laut sambil berenang bersama ikan warna-warni yang juga berenang di tepian dan bisa dilihat dengan mata telanjang. Pepohonan hijau yang mengelilingi pantai ini menambah keeksotisan tempat ini. 

3. Eksotika Goa Bolong Pantai Koomang

sumber : @fianbkl via Instagram
Di Pantai Koomang Anda juga dapat berenang di tengah gua alami yang membelah lautan. Airnya tenang dan jernih sangat cocok bagi Anda yang gemar berenang. Eksotisme alam yang sungguh membuat pikiran dan hati menjadi relaks.

4. Indahnya Pantai Humo
Nah, bagi Anda yang ingin merasakan keindahan laut sambil melakukan aktivitas menarik memancing. Tempat ini sangat cocok bagi Anda para mancing mania yang sedang berada di Pulau Enggano. Lamun Pantai Humo merupakan salah satu tempat terindah yang akan memberikan suasana amat relaks dan membahagiakan.

5. Pasir Putih Pulau Dua

sumber : @fianbkl via Instagram
Pulau Dua merupakan pantai mungil yang memiliki pasir putih yang amat landai. Pepohonan asri mengelilingi pulau Anda merupakan keindahan alam yang begitu mengagumkan. Tempat ini merupakan salah satu spot menarik untuk bersantai bak pulau pribadi.

Suasana sunyi membuat berada di pulau ini terasa begitu romantis. Apalagi kala matahari tenggelam, nampak dengan jelas cahaya indah yang mantul ke permukaan air laut yang begitu memukau. Di pulau ini Anda dapat berkemah sebagai aktivitas menarik menikmati alam lebih lama.

6. Hutan Mangrove Tanjung Kaana

sumber : Rula.co.id
Ingin menikmati indahnya hutan mangrove maka Anda dapat mengunjungi kawasan Tanjung Kaana yang memiliki  hutan bakau yang begitu indah. Hijau dan alami itulah kesan Anda ketika melihat hutan yang tumbuh di air payau serta dipengaruhi oleh pasang-surut air laut ini. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata bagi Anda pecinta seni foto dan penikmat keindahan alam.

7. Eksotisme Terumbu Karang Tanjung Kokonahdi
Pulau Enggano memiliki terumbu karang tak kalah cantiknya dengan daerah lainnya seperti Bhunaken, Bali dan daerah lainnya. Pulau di garis terdepan Indonesia ini memiliki dua spot terbaik untuk snorkeling dan diving. Terumbu Karangnya sangat indah dengan beragam biota laut warna-warni yang belum terjamah tangan jahil manusia.

8. Surfing di Pulau Enggano

sumber : engganoisland.com
Bagi Anda penikmat sport tourism maka pulau Enggano juga dapat Anda jadikan spot berselancar yang memiliki ombak yang cukup besar. Tak kalah indahnya dengan ombak di Pulau Mentawai ataupun Nias. Ombak besar tersebut akan memacu adrenalin Anda menjadikan aktivitas surfing bertambah seru.

9. Taman Buru Gunung Nanua
Inilah salah satu tempat menikmati alam Pulau Enggano yang lebih memukau. Taman Buru Gunung Nanua merupakan hutan konservasi seluas 7.271 Ha dan menjadi tempat habitatuntuk sapi dan kerbau liar. Dalam perjalanan menuju lokasi pengunjung dapat menyalurkan hobi memancing, menikmati keindahan karang di Tanjung Kaholbi.

Di tempat ini, selain menikmati alam yang begitu luar biasa indah. Anda juga dapat melakukan aktivitas perburuan hewan liar dengan izin dari pihak kepolisian dan kehutanan setempat. Hewan yang boleh diburu di tempat ini adalah hewan yang tak dilindungi oleh Undang-undang. Nah, bagi Anda yang gemar berburu maka tempat ini amat layak untuk Anda kunjungi.

10. Hutan Suaka Alam Kioyo I dan Kioyo II
Bagi Anda yang ingin melihat keindahan dan keanekaragaman flora dan fauna maka Ana dapat mengunjungi Hutan Suaka Alam Kioyo I dan Kioyo II. Suasana sejuk dan hijau dengan beragam jenis flora dan faunanya akan menjadi sarana edukasi serta hiburan tersendiri bagi Anda.

11. Danau Bak Blau

sumber : regional.liputan6.com
Danau Bak Blau adalah danau biru yang terhubung dengan laut yang memiliki rasa air tawar bahkan kemanisan. Terasa aneh memang, tapi itulah pesona keindahan danau ini. Danau seluas 500 meter persegi ini berada di Dusun Tiga, Desa Meok Kecamatan Enggano. 

Fasilitas di Pulau Enggano
Pulau Enggano adalah pulau dengan sejuta keindahan dan pesona alam. Pulau ini merupakan anugerah terindah yang Tuhan berikan ke provinsi Bengkulu. Bicara wisata tak lengkap rasanya jika kita tak berbicara fasilitas yang tersedia. 

Di Pulau Enggano memang belum memiliki fasilitas hotel dan villa berkelas. Namun, Anda tak perlu khawatir mencari penginapan di pulau ini. Warga setempat banyak menyediakan homestay dengan tarif yang pas dikantong. 

Biaya Terbang dan Berlayar ke Pulau Enggano

sumber : lipi.go.id
Untuk berangkat ke pulau ini ada dua jalur yaitu menyeberang dari Pelabuhan Pulau Baai, dan pesawat terbang dari Bandara Fatmawati. Jika Anda berangkat naik kapal Kapal ASDP Pulo Tello maka Anda akan merogoh kocek Rp59.000 per orang untuk kelas ekonomi. 

Untuk masuk ke kamar VIP Anda akan dikenakan biaya tambahan Rp50.000 di kapal. Jika Anda membawa kendaraan roda dua maka biaya yang Anda keluarkan adalah Rp113.200, sementara roda 4 tarifnya Rp1.374.230,-. Sedangkan dari Kapal Perintis Sabuk Nusantara Anda akan dikenakan biaya sekali menyeberang sebesar Rp26.000,-.

Untuk tarif pesawat ke pulau ini Anda akan dikenakan biaya sekitar Rp300.000,- untuk sekali penerbangan dengan jadwal tertentu. Jalur terbang adalah jalur yang sangat cepat untuk sampai ke pulau ini. Sedangkan jalur laut adalah salah satu cara untuk menikmati keindahan laut Samudera Hindia menuju pulau Enggano.

Itu sedikit informasi tentang salah satu tempat wisata terindah di Indonesia. Pulau Enggano menyimpan pesona dan keindahan alam yang tentunya membuat liburan Anda menjadi indah. Baca juga Tempat Wisata di Bengkulu yang Lagi Hits, Pantai Sandal Jodoh.

0 komentar:

Post a Comment