Friday, 14 April 2017

12:02:00
Wisata Bukit Bangkirai - Keindahan alam Borneo tak ada habisnya untuk dijadikan tujuan adventure yang indah bagi para pecinta alam. Menjelajah hutan akan memberikan kesan tersendiri bagi Anda yang berkunjung ke Kalimantan.

sumber : @henifatmasari via Instagram
Indonesia memiliki luas hutan tropis terbesar kedua di Dunia setelah Brazil. Salah satunya adalah hutan hujan tropis yang ada di Bumi Borneo. Dari tempat inilah bersumber oksigen dari hutan yang menjadi paru-paru dunia.

Di pulau terbesar di Indonesia ini Anda akan melihat sebuah keindahan alam yang sulit dilupakan dan pastinya akan membuat Anda ingin datang lagi ke tempat ini. Salah satunya adalah pesona keindahan Istana Alam Bukit Bangkirai yang tak jauh dari pusat kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kawasan wisata seluas lebih dari 1500 hektare ini memiliki pemandangan yang indah dengan alam hijau sejauh mata memandang. Tropical Rain Forest ini dapat membuat suasana liburan Anda menjadi seru dan berkesan.

Banyak hal menarik yang dapat Anda lakukan di tempat ini. Apa saja hal menarik di Istana Alam Bukit Bangkirai ini. Kali ini Bang Mamad akan menguraikan selengkapnya untuk Anda.

1. Pepohonan Besar
Alami dan hijaunya alam terlihat begitu menakjubkan dengan pepohonan hijau yang begitu besar. Pepohonan besar dengan ketinggian sekitar 40 meteran menjadi pemandangan langka yang mungkin tak pernah Anda temui di kota.

2. Fauna yang Kaya
Beragam fauna yang ada di hutan ini membuatnya terlihat amat menarik. Datang ke tempat ini Anda akan menemukan kicauan indah burung yang saling bersautan dengan ungko. Sebuah suasana yang begitu khas dan amat mengesankan.

Di hutan ini dapat Anda temui berbagai macam jenis burung, owa, monyet ekor panjang, orang utan, kijang, rusa dan ular serta hewan liar lainnya. Tentunya semua itu akan memberikan sebuah pengalaman yang berharga bagi Anda.

3. Sejuknya Hutan

Aroma indah lembab hutan hujan tropis Kalimantan dapat Anda nikmati dari tempat ini. Di Hutan Bukit Bangkirai ini Anda akan banyak menemukan pohon bangkirai yang berusia lebih dari 150 tahun.

Tidak tanggung-tanggung pohon bangkirai setinggi 40-50 meter dengan diameter 2-3 meter ini memberikan kesejukan yang amat luar biasa. Sejuknya benar-benar membuat hati Anda akan tenang dan nyaman berada di tempat ini.

4. Canopy Bridge
Pohon Bangkirai yang tumbuh besar ternyata meiliki potensi wisata yang amat besar. Jembatan Kanopi indah ini merupakan salah satu daya tarik yang paling memukau dari tempat ini. Dari tempat ini Anda akan dapat menikmati pemandangan amat menakjubkan berupa hijaunya hutan yang terhampar luas.

Jembatan Kanopi Bukit Bangkirai ini merupakan jembatan yang memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan menghubungkan 4 bagian dari 5 pohon bangkirai yang amat besar. Desain setiap bagian tangga untuk menaiki pohon yang terhubung antara pohon satu dan yang lainnya sangatlah unik dan tradisional.

Dijamin bagi Anda yang takut ketinggian lutut Anda akan bergetar menaiki jembatan kanopi ini. Menyeberang dari satu jembatan ke jembatan lainnya benar-benar memberikan sensasi menguji adrenalin yang begitu dahsyat.

Di atas Canopy Bridge sepanjang 64 meter ini, Anda dapat berfoto dengan latar belakang begitu menakjubkan. Nah, untuk merasakan sensasi memacu adrenalin di atas jembatan ini maka Anda akan dikenakan biaya Rp15.000,- untuk naik ke tempat ini.

5. Petualangan dan Trekking
Hal paling menarik sekaligus menantang adalah berpetualang mengelilingi hutan yang begitu indah. Di perjalanan Anda akan menemukan beragam spesies flora dan fauna yang membuat petualangan lebih asyik.

Dijamin seharian penuh pun Anda belum puas untuk melihat menakjubkannya alam tempat ini. Sungai, pohon, jalur dan hewan di tempat ini merupakan perpaduan yang membuat tempat ini menjadi salah satu tempat yang amat seru.

Fasilitas di Bukit Bangkirai

sumber : kompasiana.com
Perjalanan wisata akan terasa begitu nyaman jika tempat tersebut memiliki fasilitas lengkap yang dapat memanjakan Anda. Ada beberapa fasilitas yang dapat Anda temui di tempat ini yang akan membuat Anda semakin nyaman antara lain :

1. Restoran Susana Alam
Dalam kawasan wisata Istana Alam Bukit Bangkirai Anda tak perlu khawatir kelaparan. Di tempat ini telah tersedia sebuah restoran dengan berbagai menu yang cukup lezat. Dengan keindahan alamnya di jamin akan membah nafsu makan Anda bertambah.

2. Lamin untuk pertemuan
Di tempat ini Anda dapat melakukan pertemuan di suasana alam yang begitu indah. Sebuah lamin pertemuan telah disiapkan di tempat yang dikelola PT. Inhutani I Unit I Balikpapan ini.

3. Kolam renang
Kolam renang mini juga tersedia di tempat ini berpadu indah dengan hijaunya alam dan sejuknya udara. Berenang di kawasan konservasi ini akan memberikan suasana relaks yang melegakan.

4. Cottage dan Jungle Cabin
Bagi Anda yang ingin bermalam di tempat ini, Anda dapat menginap di Cottage dan Jungle Cabin Bukit Bangkirai. Suasana asri dan tradisional serta arsitektur bangunan kayu khas Kalimantan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.

4. Camping Ground
Di tempat ini Anda dapat berkemah di tengah hutan ataupun disebuah arena kemah yang telah disiapkan oleh pengelola. Luas arena kemah di tempat ini adalah sekitar 20 x 50 meter dan sudah dipagari kayu.

Lokasi dan Rute ke Istana Alam Bukit Bangkirai
Sebenarnya Hutan Konservasi ini masuk wilayah tiga kecamatan di Kutai Kartanegara. Namun pintu masuk yang utama berada di Kelurahan Karya Merdeka, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Kawasan ini berjarak sekitar 57 kilometer dari kota Balikpapan. Anda harus melewati rute jalan Balikpapan - Samarinda/Jl. Soekarno Hatta ke Sungai Merdeka. Nah, cukup mudah untuk menemukan lokasi indah ini karena letaknya tak jauh dari jalan raya.

Tiket Masuk di Bukit Bangkirai
Untuk memasuki kawasan wisata ini Anda tak perlu khawatir karena tiket masuknya terbilang murah hanya Rp2.000,-. Sedangkan untuk parkir kendaraan, Anda akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp1.000,-.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke tempat indah Istana Alam Bukit Bangkirai ini persiapkanlah bekal yang cukup. Persiapan fisik juga perlu jika Anda ingin berpetualang di 7 trek dengan panjang sekitar 150 meter hingga 6 km.

Tempat ini akan memberikan sensasi liburan yang tak terlupakan. Ingat kawan-kawan alam Indonesia itu amat indah. Malu jika hari ini Anda masih tetap jadi anak rumahan. Dan satu lagi jangan lupa untuk tetap menjaga kelestarian alam di Jamrud Khatulistiwa ini. Baca juga  21 Tempat Wisata di NTT yang Lagi Hits.

0 komentar:

Post a Comment