Monday, 13 March 2017

17:55:00
4
Wisata Aceh - Menapaki perjalanan panjang di Aceh seakan tak ada habisnya. Ada saja tempat-tempat indah yang ditemui sepanjang perjalanan. Keindahan dan keunikan yang tak kan pernah dilupakan sepanjang perjalanan hidup.

Salah satu daerah yang memiliki keindahan alam, pesona budaya dan kearifan lokal yang amat luarbiasa adalah Kabupaten Aceh Tamiang. Sebuah kabupaten hasil pemekaran dari Aceh Timur yang berbatasan langsung dengan Sumatera Utara.

Aceh Taming beribu kota di Karang Baru. Berjarak hanya sekitar 250 kilometer dari kota Medan. Sedangkan dari Banda Aceh sangat jauh yaitu sekitar 458 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 9 jam. Aceh Tamiang memiliki pesona keindahan yang mungkin amat sayang untuk Anda lewatkan.

Apa saja tempat-tempat indah yang layak Anda jadikan tujuan wisata utama Anda tersebut. Berikut ulasan dari Bang Mamad tentang tempat wisata terbaik di Aceh Tamiang :

1. Pantai Kuala Ketapang Aceh Tamiang

sumber : instagram @julian_zulfikar
Wilayah Aceh rata-rata terkenal dengan keindahan dan pesona pantainya. Salah satu pantai yang amat indah dan masih alami adalah Pantai Kuala Ketapang. Sebuah pantai yang bersih dengan pasir putih kecokelatan yang tak kalah indahnya dengan pantai Lampuuk Aceh Besar. 

Pantai ini terletak di Kampung Mesjid Sungai Iyu yang merupakan salah satu gampong/desa yang ada di kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang. Keindahan pantai ini akan menyejukkan hati dan pikiran Anda. Apalagi tempat ini masih tergolong sepi dan alami. Benar-benar akan membuat Anda betah berlama-lama di pantai ini.

2. Kuala Paret di Tamiang Hulu

sumber : ngadem.com
Baca juga :
8 Tempat Wisata di Tapak Tuan Aceh Selatan Paling Menakjubkan
7 Tempat Wisata di Bireuen Aceh Paling Menarik dan Hits
10 Tempat Wisata di Aceh Singkil Paling Hits dan Menarik

Sebuh potret sebuah sungai yang amat indah ternyata ada di Aceh Tamiang. Kuala Paret sebuah sungai kecil yang dikeliling bebatuan dan pepohonan sedang begitu hits menghiasi sosial media. Karena keindahannya banyak yang sengaja datang hanya untuk sekedar foto ataupun mandi di sungai yang cantik dan mungil ini.

Kuala Paret terletak di Kampung Aloy kecamatan Tamiang Hulu, Kabupaten Aceh Tamiang. Jaraknya sekitar 2 jam perjalanan dari ibukota kecamatan. 

sumber : instagram @aceh24jam
Perjalanan begitu sulit dengan kondisi bervariasi membuat perlu kehati-hatian untuk menuju lokasi ini. Tempat ini juga masih berada di kawasan PT. AMPLI, salah satu area perkebunan kelapa sawit di tamiang Hulu.

Melewati perkebunan kelapa sawit nan berlubang-lubang memang tak mudah. Namun akan terbayar semua lelah dengan keindahan yang amat luar biasa. Sesampai di lokasi Anda harus memarkir kendaraan Anda dan trekking di menuruni jurang yang amat curam.

sumber : wisataacehtamiang.blogspot.com
Gemericik air akan menyambut Anda sesampai di bawah dan tak terlukiskan keindahan sungai mungil ini. Sebuah sungai dengan bebukitan dan kejerinihan yang menyejukkan mata. Sayang rasanya untuk melewatkan tempat yang indah ini walau perjalanan agak sulit.

3. Air Terjun Sangka Pane

sumber : instagram @wisataaceh
Air terjun ini meskipun berada di pedalaman, daya tarik dan keindahannya seakan membawa langkah kaki berjalan dengan semangat menuju lokasinya. Air terjun yang juga dikenal dengan air terjun 17 tingkat ini memiliki pesona keindahan yang amat luar biasa. 

sumber : mulpix.com
Air terjun ini terletak di Desa Campega kecamatan Bandar Pusaka kabupaten Aceh Tamiang. Berjarak 50 kilometer dari pusat kota karang baru. Sesampai di lokasi desa Anda harus trekking sejauh 2 kilometer untuk mencapai lokasi air terjun yang amat cantik ini.

Rasa lelah akan terbayar ketika Anda dapat menikmati keindahan air terjun ini. Gemercik air jernih nan deras seakan menghipnotis Anda untuk berenang dan mandi di lokasi air terjun ini. Persiapkan diri Anda dengan matang jika ingin mengunjungi lokasi ini, karena perjalanan terbilang tak mudah. 

4. Air Terjun Tujuh Tingkat

sumber : chemengwetwet.wordpress.com
Tak kalah indahnya dengan air terjun Sangka Pane. Air terjun Tujuh Tingkat yang terletak di Desa Selamat kecamatan Tenggulun ini memiliki pesona yang amat memikat. Air terjun ini dinamakan air terjun simpang kiri karena lokasinya yang berada di kampung Simpang Kiri.

Untuk memasuki air terjun yang terletak di perbatasan Aceh Tamian dan Langkat Sumatera Utara ini Anda diharuskan membayar biaya masuk sebesar Rp5.000,- dan parkir kendaraan Rp10.000,-. Keindahan objek wisata ini membuat liburan Anda di tempat ini terasa begitu indah.

5. Pantai Balai

sumber : Traveluxion.web.id
Salah satu pantai indah selanjutnya adalah pantai balai. Berlokasi di desa yang bernama sama dengan pantai ini. Desa Pantai Balai, sebuah desa yang terletak di kecamatan Seruway, Kabupaten Aceh Tamiang. Keindahan pantai dan kesejukan angin laut membuat suasana di pantai ini begitu syahdu dan membahagiakan.

6. Situs Bukit Kerang

sumber : Sportourism.id
Sesuai namanya, bukit ini merupakan tumpukan kulit kerang yang berjumah amat banyak. Pemandangan timbunan moluska (kerang berkatup dua) purba dengan tinggi 3,6 meter dengan luas lebih 80 meter persegi menjadi hal yang tak biasa. Objek wisata sejarah ini terletak di desa Jambo Labu kecamatan Bendahara.

7. Lapangan Golf Aceh Tamiang

sumber : catatanranselijo.blogspot.co.id
Nah, bagi Anda pecinta golf yang singgah di Aceh Tamiang. Maka lapangan Golf Rantau Aceh Tamiang amat sayang untuk dilewatkan. Sebuah lapangan golf yang terletak di Gampong Rantau kecamatan Rantau yang berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Karang Baru. Menikmati alam di lapangan golf ini juga tak kalah indahya. Hamparan rumput dan bersihnya tempat ini membuat suasana terasa begitu santai.

Itulah keindahan yang dimiliki Aceh Tamiang. Kabupaten yang mempesona dan amat layak jadi tujuan wisata Anda. Semoga mahakarya yang Tuhan ciptakan di setiap jengkal bumi Indonesia senantiasa mampu kita jaga keindahannya. Jayalah terus pariwisata Indonesia.

4 komentar: