Sunday, 1 January 2017

09:27:00
Wisata Air Terjun Nyarai - Para petualang sejati itu tak pernah bosan dengan keajaiban alam. Apalagi Indonesia mempunyai keindahan alam yang tak terhitung jumlahnya. 

a photo by @de_arrasyid via instagram
Dapat mengunjungi keindahan alam tersebut menjadi kepuasan yang luar biasa. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena di setiap sudut Indonesia yang Anda kunjungi jauh meninggalkan cerita berkesan ketimbang Anda menghabiskan uang Anda keluar negeri.

Kali ini Anda akan melihat sebuah karya terindah yang disebut-sebut sebagai air terjun terindah di Indonesia yaitu air terjun Nyarai. 

a photo by @harivalzayukavia instagram
"Kampung nan jauh di mato" begitu lirik salah satu lagu daerah Minang tempat air terjun ini berada. Meski jauh ranah minang selalu bikin kangen. Dan air terjun yang akan Anda lihat ini pastinya akan selalu bikin kangen.

Air Terjun Nyarai terletak di Hutan Gamaran, Jorong Gamaran, Korong Salibutan, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat. Kecamatan Lubuk Alung sendiri berada tak jauh dari Bandara Internasional Minangkabau yaitu hanya berjarak 19 kilometer. Dari kota Pariaman hanya berjarak 30 menit.

a photo by @msalmanarfan via instagram
Pertama Anda harus datang ke Posko Nyarai yang ada di Lubuk Alung. Anda harus membayar sebesar Rp20.000,- untuk pendaftaran, biaya parkir serta pemandu wisata. 

Setiba di mulut hatan Gamaran butuh perjalanan tak singkat untuk menemukan air terjun yang menakjubkan ini. Anda harus melewati hutan dan sungai-sungai sekitar dua sampai tiga jam.
a photo by @husra_hannifah via instagram
Berbagai rintangan berupa jalan-jalan yang sempit dan batu-batu yang licin serta derasnya arus sungai menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang akan mengunjungi air terjun ini.

Rasa lelah dan capek terbayar sudah. Air terjun Nyarai benar-benar membuat siapa saja yang melihatnya merasa tak sabar menceburkan diri ke air jernih berwarna hijau tersebut. Sungai Nyarai yang dikelilingi batuan granit raksasa berupa tebing ini membentuk kolam atau lubuk dengan air kehijauan. Adem banget melihatnya. 

Di tempat ini Anda bisa melakukan aksi apa saja di tempat ini. Mulai berendam, berenang dan melompat di air yang sangat jernih dan segar. Rasanya bagai di surga, surga yang tersembunyi di hutan belantara. 
a photo by @antosuherianto via instagram
Berlama-lama di lokasi ini pastinya akan membuat betah. Anda juga dapat menaiki batu dan bergantungan di akar pohon kemudian melompat ke sungai. Benar-benar mengasyikkan.

Di tempat ini Anda dapat menangkap ikan yang banyak terdapat di sungai. Ikan tersebut dapat Anda jadikan santapan makanan siang yang akan menambah sensasi trekking Anda ke air terjun ini. Karena tak ada fasilitas apapun di sekitar air terjun ini, maka Anda harus melakukan persiapan yang matang. 

Mulai dari persiapan fisik karena perjalanan amat jauh dan persiapan bekal karena di tempat ini tak ada satupun penjual makanan kecuali ikan yang dapat Anda tangkap di Sungai.


Lubuk Alung dengan air terjun Nyarainya terbilang masih sepi pengunjung. Padahal air terjun ini sangat eksotik. Untuk itu mengunjungi tempat ini adalah sebuah keharusan bagi Anda para pencinta alam. Dan satu lagi, ketika Anda mengunjungi tempat ini jangan meninggalkan samapah yang akan merusak keajaiban alam yang dimiliki Lubuk Alung ini. 

0 komentar:

Post a Comment