Tuesday, 3 January 2017

07:39:00
4
Wisata Langkat - Pesona alam, keindahan budaya dan kearifan lokal Indonesia seakan tak ada habisnya untuk disaksikan. Sumatera Utara, propinsi yang satu ini memiliki daerah-daerah dengan kondisi alam yang amat indah dan kebudayaan yang unik, kuno serta amat mempesona. Selain itu, pesona lainnya adalah propinsi ini memiliki beragam satwa liar langka dan eksotis Indonesia.

Salah satu daerah yang memiliki pesona keindahan tersebut ialah Kabupaten Langkat. Daerah yang memiliki ibukota kabupaten bernama Stabat ini menyimpan pesona alam dan budaya yang luar biasa. Daerah ini sangat cocok untuk Anda pecinta alam dan petualang karena inilah tempat yang tepat untuk melihat bagaimana ekosistem luar biasa.

Jaraknya yang hanya sekitar 40 kilometer dari kota Medan menjadi nilai tambah dari daerah tujuan wisata yang satu ini. Apakah Anda ingin berpetualang di hutan nan eksotis atau ingin trekking menuju air terjun nan super indah di Langkat. Berikut ini Bang Mamad pilihkan tempat-tempat wisata yang paling menarik di jangkat.

1. Pesona Air Terjun Tongkat


a photo take by@yudichester93 via instagram
Air terjun Tongkat merupakan salah satu potret keindahan alam Langkat yang mempesona. Sebuah air terjun fenomenal yang terletak di tengah hutan nampak begitu eksotis dan memukau. Air terjun yang sebenarnya bernama Lau Balis ini disebut sebagai air terjun Tongkat karena adanya sebatang pohon besar menyandar pada air terjun menyerupai tongkat.


a photo by @stephanieyanto via instagram
Air terjun ini menjadi begitu hits dan ramai dikunjungi ketika program wisata salah satu televisi swasta nasional mengeksplore air terjun nan cantik ini. 

Air terjun ini terletak dalam wilayah administratif Desa Rumah Galuh, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Berjarak sekitar 48 kilometer dari kota Binjai, 65 kilometer dari Stabat dan 68 kilometer dari kota Medan. 

Tak mudah untuk mencapai lokasi air terjun nan eksotis ini. Perjalanan panjang dan melelahkan menjadi harga yang harus Anda bayar. Pertama Anda harus melakukan perjalanan menuju Sungai Bingai. Kemudian ketika bertemu Polres Sei Bingai Anda harus berbelok ke kanan. Sebaiknya Anda rajin bertanya karena petunjuk jalan menuju lokasi ini sangat minim. 

Posko Pelaruga adalah gerbang masuk ke Lokasi nan eksotis ini. Untuk sampai ke air terjun tongkat, kita harus berjalan kaki dengan medan naik turun selama kurang lebih 1 jam. Di tempat ini ada 3 lokasi wisata yang sayang untuk Anda lewatkan. Agar perjalanan Anda berjalan lancar sebaiknya Anda menyewa pemandu wisata lokal dengan biaya Rp30.000 sampai Rp60.000 per orang. Lumayan mahal jadi Anda harus pandai tawar menawar.

Sesampai di lokasi air terjun ini, biaya yang mahal dan perjalanan yang melelahkan rasanya langsung terbayar dengan keindahan air terjun ini. Tak lengkap rasanya jika tak menceburkan diri ke air terjun yang jernih dan bersih ini. Tempat yang sangat alami dan memang belum ada fasilitas apapun. 

Persiapan matang harus Anda lakukan untuk melakukan trekking ke air terjun yang super menawan ini. Agak disayangkan, banyak tangan jahil yang membuang sampah sembarangan sehingga keeksotisan air terjun ini terganggu. Untuk itu, bagi Anda yang ingin ke tempat ini jangan lupa jaga kebersihannya.

2. Arung Jeram Sungai Bingei


sumber : lakako.com
Rafting di Sungai Bingei adalah pilihan tepat bagi Anda pencinta wisata dan olahraga yang memacu adrenalin ini. Lokasinya berada di desa Sungai Bingei yang dekat dari Kota Medan sekitar 40 km dan dari kota Binjai lokasi arung jeram Sungai Bingei dapat dicapai sekitar 30 menit berkendaraan dengan jarak lebih kurang 20 km.

Sungai Bingei selain memiliki spot jeram yang menantang, kondisi alamnya juga sangat luarbiasa. Selain itu beragam fasilitas di tempat ini dapat membuat perjalanan wisata Anda berasa begitu nyaman dan menyenangkan.

3. Keindahan Air Terjun Teroh-teroh


a photo by @setian70 via instagram
Tak jauh dari air terjun Tongkat, satu lagi air terjun yang amat mempesona. Untuk mencapai air terjun teroh-teroh perjalanan terjal turun naik yang melelahkan terbayar ketika Anda melihat air terjun teroh-teroh yang amat mempesona. Alam selalu menjanjikan sesuatu yang manis. Sesuatu yang manis akan Anda temukan ketika di penghujung sungai yang Anda susuri untuk mencapai si cantik teroh-teroh. 

a photo by @via_rosatarigan via instagram
Nama air terjun teroh-teroh berasal dari Bahasa Karo yang berarti bawah-bawah. Hal ini mungkin karena letak air terjun ini berada di bawah lembah dan tebing. Dengan ketinggian sekitar 12 meter, air terjun ini memiliki pemandian yang amat jernih. Perpaduan suasana alam yang hijau akan memanjakan Anda para pencinta alam sejati.

4. Pemandian Alami Kolam Abadi Langkat


a photo by @rafizari via instagram
Sebelum mencapai air terjun teroh-teroh Anda akan melewati kolam Abadi yang super jernih dan bening. Dihiasi dengan tebing-tebing tinggi, tempat ini cocok untuk Anda yang ingin cliff jumping.


a photo by @silviarisy via instagram
Tempat yang cocok untuk Anda yang gemar berenang dan menyelam. Indah dan sangat jernih itulah keindahan aliran sungai yang satu ini.

5. Kesejukan Bukit Lawang Langkat


a photo by @_ne__na_ via instagram
Bukit Lawang, mendengar namanya mungkin tak asing bagi Anda. Ya, memang ada beberapa tempat wisata di Indonesia memiliki nama Bukit Lawang. Salah satunya adalah Bukit Lawang Langkat. Kawasan wisata ini terletak di Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara berjarak sekitar 68 km sebelah barat laut Kota Binjai dan sekitar 80 km di sebelah barat laut kota Medan.


a photo by @nenadmirkovicvia instagram
Ada berbagai kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di bukit lawang diantaranya melihat kekayaan flora dan fauna, tubing, caving di goa kelelawar, memberi makan orang hutan ataupun Anda juga bisa mandi merasakan sejuknya air terjun Bukit Lawang. Suasana asri dan menyegarkan di daerah ini akan membawa kesan mendalam bagi perjalanan wisata Anda di daerah ini.

6. Hidden Paradise Ekowisata Tangkahan


a photo by @nasrullah_wafa via instagram
Inilah salah satu hidden paradise yang dimiliki Langkat. Panorama alam menakjubkan yang ditawarkan tangkahan membuat tempat ini tak hanya populer di Indonesia tetapi juga luar negeri. Ekowisata Tangkahan terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser yang terletak di Kabupaten Langkat. 


a photo by @jejakanaknegeri_7 via instagram
Salah satu icon tangkahan adalah gajah. Ya, di tempat ini para wisatawan dapat berinteraksi dan memandikan langsung mamalia yang satu ini. Selain Gajah, Anda juga bisa melihat orangutan dan ratusan fauna serta flora indah lainnya. Menakjubkan itulah hal yang Anda rasakan ketika berada di tempat ini. 


a photo by @Tangkahan via instagram
Ada banyak spot wisata yang dapat Anda kunjungi di tempat ini bersama guide tentunya. Berbicara fasilitas tak perlu Anda tanyakan karena di tempat ini terdapat banyak fasilitas seperti penginapan yang lumayan lengkap. Penginapan tersebut seperti Bamboo River Lodge, Green Lodge, Jungle Lodge, dan Tangkahan Inn. Biaya menginapnya pun terbilang tak mahal, hanya sekitar Rp100.000,- hingga Rp200.000,- per malam.

Lokasi wisata ini berada tak begitu jauh dari kota Medan. Tak jauh juga dari Bukit Lawang yang masih berada dalam satu kawasan dengan Tangkahan. Pesonanya benar-benar membuat siapa saja yang datang ke tempat ini berada bak di surga.

7. Wisata Religi Masjid Azizi Langkat


sumber : anggigeo.wordpress.com
Salah satu hal yang tak boleh terlewatkan adalah Anda mengunjungi objek wisata religi. Selain di setiap perjalanan Anda harus memohon keselamatan pada Tuhan yang Maha Esa. Ada hal-hal menarik dan unik di setiap tempat ibadah yang ada di daerah-daerah. Salah satunya adalah Masjid Azizi Langkat.

Masjid peninggalan Kesultanan Langkat yang berada di kota Tanjung Pura ini memiliki arsitektur yang megah dan indah. Kekayaan nilai sejarah Kesultanan Langkat melekat pada corak masjid nan satu ini. Masjid ini harusnya jadi persinggahan utama Anda di Langkat. Selain indah, masjid yang kaya sejarah ini juga merupakan tempat ibadah yang nyaman.

8. Pesona Air Terjun Siluman


a photo by @amroemoee via instagram
Air terjun yang memiliki nama asli Dewi Sinta ini merupakan salah satu air terjun menawan sekaligus menantang di Langkat. Butuh perjuangan ekstra untuk mencapai lokasi air terjun ini. Berada sekitar 20 kilometer dari Kota Binjai, lokasi tepanya adalah dalam wilayah administratif Desa Garunggang kecamatan Sei Binge, Langkat.


a photo by @okberarfiansyah via instagram
Dengan keunikan debit air yang berubah-rubah bahkan pernah tidak ada membuat air terjun ini dinamakan air terjun siluman oleh masyarakat setempat. Air terjun ini memiliki kolam yang bening sebening kaca. Tak sabar rasanya untuk menceburkan diri ke kolam tersebut. Rasa lelah setelah berjalan kaki selama 60 menit dan berkendara melewati jalan tanah yang menantang akan terbayar lunas ketika melihat air terjun super cantik ini.

9. Pesona Air Terjun Jodoh


sumber : mulpix.com
Ini adalah air terjun terindah yang ada di Langkat. Air terjun ini memang tak mudah untuk dicapai. Letaknya berada dalam wilayah Dusun Pamah Semelir, Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingei. 

Untuk masuk ke lokasi air terjun ini Anda harus membayar sebesar Rp40.000,- per orang dan akan mendapatkan layanan guide yaitu polisi hutan yang bertugas di daerah setempat. Hal tersebut sangat wajar, karena untuk menjadi pemandu wisata menuju air terjun tersebut memang tak mudah. Anda harus berjalan sejauh 3 jam melehati hutan yang lumayan ekstrim karena berbukit-bukit. 

Ketika Anda melihat Air terjun cantik ini, rasa lelah Anda akan mendadak hilang karena keindahannya yang luar biasa.

10. Pantai Kuala Serapuh

sumber : an.tv
Jika Anda ingin menikmati suasana berbeda di Langkat, objek wisata bahari yang satu ini dapat menjadi pilihan wisata Anda. Pantai Kuala Kerapuh merupakan sebuah pantai indah dengan keunikan pasir pantai berwarna hitam. Di tempat ini Anda akan merasakan suasana nyaman dengan pemandangan hamparan laut luas, tiupan semilir angin dan pepohonan hijau nan menyejukkan.

Aktivitas yang dapat Anda lakukan di pantai yang terletak di Tanjung Pura ini adalah bermain volley, memancing ataupun berenang di pinggir pantai yang memiliki ombak tak terlalu besar ini.

11. Keindahan Air Terjun Saringgana


a photo by @rezaceperr via instagram
Tempat terakhir yang amat menarik adalah Air Terjun Saringgana. Air terjun menawan dengan ketinggian 60 meter ini layak menjadi destinasi utama Anda ketika berada di Langkat. Air terjun ini terletak di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser Desa Sulkam, Kecamatan Kutambaru Marike, Kabupaten Langkat. Berjarak waktu perjalalan sekitar 3 jam dari kota Medan. Keindahan air terjun ini, akan membuat Anda betah berlama-lama di tempat ini.



Baca Juga 10 Tempat Wisata Labuhanbatu Sumatera Utara Paling Menarik

Itu tadi sebelas tempat pilihan yang ada di Langkat yang amat menarik untuk Anda kunjungi. Tempat-tempat indah tersebut merupakan anugerah Tuhan yang harus kita jaga. Jangan dirusak tempat-tempat tersebut dengan mengotorinya. Tetap semangat berpetualang mengelilingi tanah Indonesia yang kaya. 



4 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. itu Air Terjun Siluman benar-benar punya pesona keindahan yg bikin greget pengen kesana, thanks ya bg buat infonya

    ReplyDelete
  3. air terjun di sumatra ternyata bnyak yah, thanks infonya min, nambah refernsi nih hehehehe

    mobil jogja

    ReplyDelete
  4. air terjunnya tinggi tinggi, kerenn


    salam

    ReplyDelete