Saturday, 31 December 2016

11:59:00
1
Wisata Asahan - Sebuah kabupaten yang menjadi bagian dari propinsi Sumatera Utara. Kabupaten yang memiliki ibukota Kisaran ini ternyata memiliki bentang alam yang tak kalah indah dan cantiknya dengan daerah lain di Sumatera Utara.

Kota Kisaran berjarak sekitar 160 kilometer dari Kota Medan dengan waktu tempuh sekitar empat jam melalui jalan Lintas Sumatera. Tak banyak yang tahu bahwa kabupaten ini memiliki tempat-tempat indah yang layak Anda jadikan destinasi tujuan wisata Anda. 

Apa saja tempat-tempat wisata tersebut. Berikut Bang Mamad ulas secara singkat objek wisata yang ada di Asahan tersebut.

1. Objek Wisata Air Terjun Ponot yang Memukau

a photo by @ulfahparamitha via instagram
Perjalanan wisata tak lengkap rasanya jika Anda tak mengunjungi objek wisata yang satu ini. Air terjun ponot sebuah atraksi alam yang terletak di Desa Tangga dekat Porsea Paritohan Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Asahan, Propinsi Sumatera Utara. Lokasinya berada tak jauh dari lokasi PT Inalum.

Akses menuju air terjun ini terbilang cukup jauh namun mudah di jangkau. Untuk menuju air terjun dengan ketinggian 250 meter ini sudah tersedia jalan yang bisa dilalui kendaraan roda dua atau empat. Air terjun yang lebih tinggi dari air terjun Sipiso-Piso ini memiliki keindahan yang luar biasa. 

Sesampai di lokasi air terjun ini Anda tentunya tak sabar untuk menceburkan diri Anda ke air yang begitu segar dan bersih ini. Mengunjungi air terjun ini adalah pilihan tepat ketika Anda berada di Asahan.

2. Rafting di Sungai Asahan

a photo by @tanotoeducation via instagram
Bagi Anda yang gemar dengan aktivitas yang memacu adrenalin. Rafting di Sungai Asahan adalah pilihan tepat Anda untuk mengisi waktu liburan Anda. Dari Air sungai yang mengalir dari Danau terbesar di Indonesia Anda dapat melakukan arung jeram dengan spot terbaik di dunia. Ya, lokasi arung jeram yang berpusat di Kecamatan Bandar Pulau di Kabupaten Asahan ini disebut-sebut sebagai lokasi arung jeram terbaik ketiga di dunia.

Berjarak sekitar 89 kilometer dari pusat kota Kisaran dengan waktu tempuh sekitar dua jam. Sesampai di bendungan Sigura-gura Anda dapat memulai arung jeram dengan panjang lintasan yang amat panjang. Karena arusnya yang luar biasa maka bagi Anda yang akan berarung jeram di Sungai Asahan perlu melakukan persiapan yang matang dan bisa juga kursus singkat bersama instruktur setempat.

3. Keindahan Panorama Waduk Sigura-Gura 

Sumber : www.eibn.org
Cantik, begitulah kesan pertama melihat keindahan waduk Sigura-gura. Bendungan yang berada di hulu sungai Asahan ini memiliki pesona alam yang luar biasa. Air yang menghijau akibat pepohonan yang mengelilingi aduk ini dan bukit-bukit cantik membuat waduk ini terlihat begitu eksotis. 

Tempat yang masih tersa begitu sepi ini sangat layak bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan indah namun tak suka keramaian. Lokasi ini sangat pas bagi Anda penikmat berpose di tempat sepi dengan latar belakang yang menakjubkan.

4. Jembatan Gantung Bedeng Asahan

Sumber : anthonynh.blogspot.co.id
Nah, ini dia salah satu jembatan gantung yang amat indah dengan suguhan pemandangan alam yang luar biasa. Pemandanngan aliran sungai asahan dan pepohonan hijau berpadu indah menjadi sebuah tontonan alam yang menyejukkan mata. Jembatan Gantung yang cukup panjang dan tinggi ini terletak di kecamatan aek songsongan. Ke kecamatan ini Anda harus melakukan perjalanan sekitar 70 kilometer dari Kota Kisaran. Perjalanan cukup jauh, namun akan terbayar ketika Anda melihat keindahan alam di sekitar jembatan ini.

5. Air Terjun Turbo (Turunan Bolon) yang Indah

sumber : ondehmandeh.com
Air Terjun Turbo ini terletak di Desa Tomuhan Holbung, Kec. Bandar Pasir Mandoge kab. Asahan, Provinsi Sumatera Utara. Lokasi air terjun ini berjarak 200 kilometer dari kota Medan sekitar 6 jam perjalanan. Sedangkan dari Kota Siantar hanya memakan waktu perjalanan sekitar dua jam. 

Perjalanan menuju air terjun ini terbilang cukup menantang. Setelah sampai di lokasi parkir. Anda diharuskan berjalan kaki selama satu jam untuk mencapai lokasi air terjun nan eksotis ini. Sesampai dil lokasi air terjun Anda akan melihat air terjun setinggi sekitar 30 meter mengalir deras dengan aliran yang tak begitu berbahaya untuk Anda bermain air di tempat ini. Untuk memasuki lokasi air terjun ini, Anda dapat membayar parkir dan retribusi masing-masing sebesar Rp5.000,- .

6. Keindahan Sampuran Harimau di Lembah Asahan

Sumber : imgrum.net
Bagi Anda yang gemar berwisata ke Sumatera Barat mungkin tak asing lagi dengan objek wisata Lembah Harau. Ternyata di Asahan juga terdapat tebing yang tak kalah indahnya dengan yang ada di Lembah Harau. Sampuran Harimau begitulah nama tempat yang baru-baru ini populer di Asahan. Lokasinya hanya berjarak sekitar 200 meter dari air terjun Ponot yang indah. Tebing-tebing indah yang sangat instagramable sangat layak bagi Anda pencinta objek wisata alam.

7. Wisata Religi di Masjid Agung Ahmad Bakrie

a photo by @megaasatriaputri via instagram
Tak lengkap rasanya jika berwisata kita tak mengunjungi tempat ibadah kebanggan masyarakat sekitar. Ya, salah satu objek wisata religi yang ada di Kisararan adalah Masjid Agung Ahmad Bakrie yang terletak di Jalan Lintas Sumatera, Desa Sidomukti Kec. Kisaran Barat, Kabupaten Asahan. Masjid mewah, megah dan sangat indah ini berada di dekat alun-alun kota yang memiliki taman yang cukup indah. Berkunjung ke tempat yang satu ini akan membawa ketenangan dan pengalaman tersendiri bagi Anda tentunya.


8. Menyaksikan Keindahan Pantai Simallo

sumber : www.taslabnews.com
Ternyata Asahan juga mempunyai objek wisata pantai yang menjadi Andalan yaitu pantai Simallo. Bedanya pantai ini berada di Pinggiran Sungai Piasa bukan laut. Ya, Pantai yang indah ini terletak di aliran Sungai Aek Piasa Desa Aek Nagali Kecamatan Bandar Pulau. Pantai ini dikelilingi bebukitan menjulang dan air sungai yang cukup deras serta panorama alam yang luar biasa. Pemandangan indah yang sulit dilukiskan ini layak untuk Anda jadikan destinasi utama Anda ketika berada di Asahan.

9. Objek Wisata Alam Goa Simanik-manik

sumber : news.lewatmana.com
Tak jauh dari lokasi air terjun Simanik-manik yang indah. Ada sebuah gua kecil yang eksotis yang merupakan spot terbaik menikmati keindahan air terjun tersebut. Goa ini terletak di Desa Loburrapa, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Jaraknya sekitar 2 hingga 3 jam dari Kota Kisaran, ibukota Kabupaten Asahan. 

Dari mulut goa terlihat begitu indah air terjun Simanik-manik dengan kolam pemandian alaminya. Goa ini dapat menjadi alternatif tujuan wisata Anda di Asahan. Karena selain dapat menikmati keindahan Goa, di tempat ini Anda dapat menikmati air terjun dengan pemandangan yang super alami.

10. Menikmati Aneka Kuliner Asahan

sumber : www.republika.co.id
Perjalanan wisata tanpa menikmati kuliner, rasanya tak berarti apa-apa. Nah, di Kisaran ada tempat-tempat makan yang enak-enak terletak di jalan Imam Bonjol. Berbagai jenis hidangan kuliner dapat Anda nikmati dengan harga yang bervariasi. Mencicipi hidangan khas Kisaran adalah pilihan terbaik yang akan menambah kesan bagi perjalanan wisata Anda. 

Nah, itu dia keindahan alam Asahan. Benar-benar mengagumkan, bukan?. Perjalanan wisata akan berkesan jika Anda dapat menikmati dan mensyukuri setiap jejak-jejak langkah Anda menyusuri keindahan Bumi pertiwi. Dan jangan lupa kunjungi Kabupaten Asahan yang menyimpan sejuta pesona alam dan budaya yang masih asri tentunya.


1 komentar:

  1. tempat wisata di SUMUT emang keren², hanya saja kurang perhatian dari pemerintah

    ReplyDelete