Friday, 7 October 2016

09:45:00
3
Tempat Wisata di Ciamis - Kali ini Bang Mamad akan memandu Anda menemukan tempat-tempat wisata menarik di salah satu kabpaten di Jawa Barat.

Ciamis, sebuah kabupaten yang memiliki ibukota sama yaitu Ciamis. Dari Kota Bandung ke Kota Ciamis Anda harus menempuh jarak sekitar 121 kilometer. 

Kabupaten Ciamis menyimpan potensi wisata yang sangat luar biasa. Ciamis memiliki tempat-tempat yang sangat indah dan begitu tersohor baik di Indonesia maupun mancanegara.

Berikut tempat-tempat wisata indah dan menarik tersebut.


1. Menikmati Pesona Ngarai Hijau (Green Canyon) dengan Berenang dan Rafting


a photo by @uranujunea via instagram
Green Canyon atau yang sering disebut oleh warga setempat Cukang Taneuh merupakan salah satu primadona wisata yang ada di Jawa Barat. Tempat ini memilki keindahan ang sungguh menawan. 

Kawasan ini merupakan bagian dari sungai Cijulang yang memiliki panorama sungai yang hijau jernih dengan tebing-tebing tinggi di kiri dan kanannya. Tempat ini merupakan syurga bagi penikmat rafting.

Lokasi Green Canyon terleta di desa Kertayasa, kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat, berjarak sekitar 31 km atau dengan waktu tempuh 45 menit berkendara dari pantai Pangandaran.

Berjarak sekitar 250 kilometer dari Kota Jakarta ada beberapa jalur yang dapat Anda pilih untuk menuju objek wisata indah ini. 

a photo by @denepink via instagram
Dengan waktu tempuh sekitar 9 jam dari Jakarta Anda dapat menempuh jalur Bandung menuju Tasikmalaya. Dari Tasik, ada dua jalur yang bisa ditempuh, yaitu melalui jalur timur melewati Kota Tasik, Ciamis, Kota Banjar, Pangandaran, Parigi lalu Cijulang.

Waktu yang tepat mengunjungi objek wisata ini adalah pada saat musim kemarau. Kondisi airnya jernih menghijau dan arusnya sangat cocok untuk rafting serta terdapat beberapa spot yang memiliki arus agak tenang merupakan tempat yang tepat menikmati keindahan green canyon dengan aktivitas berenang.

Rafting dapat dilakukan dengan biaya sewa Rp125.000 dengan kapasitas 6 orang. Pengalaman rafting di tempat ini merupakan salah satu yang membuat Anda merasakan rafting di slaah satu tempat terindah di Indonesia.

Fasilitas di tempat ini terbilang cukup lengkap, selain area parkir cukup luas terdapat tempat-tempat makan yang mengenyangkan di sekitar area parkir tersebut. 

Jika Anda mencari tempat menginap, tak jauh dari tempat ini tepatnya sekitar 10 kilometer atau 15 menit perjalanan darat terdapat penginapan yang akan membuat peristirahatan Anda terasa nyaman. Harga kamar mulai Rp200.000 dengan fasilitas yang cukup lengkap. 

Menikmati Green Canyon dapat memberikan Anda kesegaran dan kenangan tersendiri. Keindahan dan pesona hijau aliran sungai serta bebatuan menjulang akan memberikan goresan kenangan yang tak terlupakan.

2. Berselancar dan Bersantai di Pantai Batu Karas


sumber : indonesiana.merahputih.com
Tak jauh dari Green Canyon, kali ini kita akan merasakan suasana indah salah satu objek wisata bahari yang berada di Pangandaran.

Pantai Batu Karas merupakan pantai yang memiliki pasir yang landai dengan birunya air laut yang dikelilingi bebatuan dengan pepohonan yang hidup di atasnya. Menginjakkan kaki di pantai ini akan membuat adrenalin Anda terpacu untuk menikmati gelombang indah yang selalu menerjang bibir pantai ini.


sumber : indonesiana.merahputih.com
Selain itu menghirup udara segar sembari bersantai di pantai ini terasa begitu indah. Pantai ini menawarkan sejuta pesona yang tak akan terlupakan.

Pantai ini terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang dengan jarak ± 34 km dari Pangandaran. Berjarak sekitar 346 kilometer dari ibukota Jakarta. 

Untuk memasuki objek wisata pantai ini Anda akan dikenakan retribusi sebagai berikut : untuk Pejalan kaki Rp 1.500,00 (satu orang); sepeda motor Rp 3.900,00; Jeep atau sedan Rp 9.200,00; Carry Mobil Rp 17.200,00; kendaraan kapasitas besar Rp 22.200,00; bus mini Rp 32.700,00; bus sedang Rp 49.500,00; dan bus besar Rp 80.500,00.

Fasilitas yang tersedia di pantai ini terbilang cukup lengkap seperti hotel yang begitu nyaman, camping ground, pusat jajanan dan ceniramata serta beberapa tempat penyewaan papan selancar.

Menikmati suasana pantai indah ini adalah pilihan yang sangat tepat bagi Anda para pencinta wisata bahari. 


3. Menikmati Pesona Keunikan Pantai dan Hutan Karang Nini


a photo by @taopik via instagram
Pantai ini merupakan sebah pantai yang memadukan eksotisme pantainya dan legenda cerita yang ada di dalamnya. 

Karang Nini terletak di Desa Emplak, Kecamatan Kalipucang ± 83 km dari kota Ciamis ke arah Selatan. Dinamakan Karang Nini karena di pantai ini terdapat sebuah batu karang yang menyerupai seorang nenenk yang sedang duduk menantikan kedatangan suaminya.

Beragam fasilitas dapat Anda nikmati di tempat ini antara lain beberapa pondok wisata berarsitektur tradisional Sunda dengan kapasitas rata-rata tiga kamar, Saung pertemuan Bale Rancage, menara pandang dilengkapi teropong, beberapa shelter untuk rileks memandang laut lepas, Joging track, Hidangan makan malam ikan bakar, tempat parkir kendaraan yang luas dan aman, tempat bermain anak-anak, serta Camping ground dengan kapasitas 300 orang.


sumber : ftrans.co.id
Selain keindahan pantainya, point plus yang Anda dapatkan ditempati ini Anda dapat menikmati indahnya kawasan hutan yang memiliki beragam flora dan fauna.

Keindahan karang nini benar-benar menjadi salah satu tempat yang tepat bagi Anda dan keluarga yang ingin mengisi waktu libur Anda.


4. Menikmati Dinginnya Air Mata Sang Raja Curug Tujuh Cibolang


a photo by @istarimila via instagram
Air terjun merupakan salah satu tempat yang tepat untuk menikmati alam ini. Salah satu air terjun terindah yang ada di Jawa Barat adalah Curug Tujuh Cibolang.

Dari namanya Anda sudah mengetahui baha Curug Tujuh Cibolang merupakan tujuh buah air terjun yang berada dalam kawasan yang berdekatan.

Ketujuh Air terjun tersebut antara lain Curug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cibolang, Curug Simantaja, Curug Cileutik, dan Curug Cibuluh.

Curug Tujuh Panjalu terletak di Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, di kaki Gunung Sawal. Berjarak sekitar 33 kilometer dari Kota Ciamis, untuk menuju lokasi ini Anda harus melewati Jl. Raya Kawali-Panjalu.


Anda dapat menaiki kendaraan umum seperti angkot jurusan Ciamis-Panjalu dengan tarif sekitar Rp10.000,- untuk akses ke tempat ini.  

Untuk masuk ke objek wisata Curug Tujuh Panjalu, Anda harus membayar harga tiket masuk sebesar Rp7.500,-. Biaya parkir Rp2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp3.000 hingga Rp5.000. Pepohonan Pinus dan jalanan setapak akan menuntun Anda menuju ke Curug Satu. Cukup berjalan sekitar 50 meter dari gerbang Anda akan menemui curug satu yang sangat mempesona. 


a photo by @febbii_cendika via instagram
Untuk menikmati semua Curug karena lokasinya berdekatan Anda cukup menjelajah dengan waktu dua sampai tiga jam saja.

Keindahan Curug Tujuh tak hanya pada aliran airnya saja. Akan tetapi karena kawasan ini merupakan kawasan hutan wisata, hutan di sekitarnya sangat asri dan indah. Udaranya sangat sejuk (17-18 derajat Celcius), airnya jernih dan tentunya bebas sampah.

Selain itu Curug Tujuh juga identik dengan legenda yang melekat padanya. Menurut legenda curug ini berasal dari air mata seorang raja yang menangis memohon kepada Tuhan agar diturunkan hujan karena pada saat itu rakyatnaya kesusahan karena musim kemarau.

Curuk Tujuh Panjalu tentunya sangat menarik bagi Anda yang sangat suka berpetualang. Apalagi lokasi ketujuh Curug ini yang berada di Antara bebukitan yang sangat indah dan menantang untuk dijelajahi.

Selain itu di Kawasan ini juga tersedia area camping ground untuk memanjakan Anda yang hobi berkemah. Pesona Curug Tujuh Panjalu dapat menjadi objek wisata utama Anda dan keluarga jika berkunjung ke Ciamis.



5. Berekreasi di Mega Wisata Waterpark Icakan


sumber : www.wisatajabar.com
Jika Anda penikmat wisata rekreasi, Mega Wisata Icakan dapat menjadi tempat yang wajib Anda kunjungi di Ciamis. Dengan konsep wisata terpadu, pesona wisata yang satu ini telah menjadi wisata favorit bagi masyarakat Ciamis.

Letak Waterpark Icakan berada di Dusun Cikacang, Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Berjarak  sekitar 10 kilometer dari pusat kota Ciamis dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Letaknya yang berada di Kaki Gunung Sawal membuat hawa di lokasi ini terasa sejuk. Kawasan Wisata ini terlihat sangat asri dan indah. 


a photo by @srimariarhamdhani3 via instagram
Fasilitas yang ada di tempat wisata ini sangat lengkap dan terjaga kebersihannya. Fasilitas yang dapat Anda jelajahi antara lain

  • Menara Diamond sebagai maskot Icakan
  • Masjid Agung Icakan dengan arsitektur indah dan letaknya di atas bukit
  • Taman Pines yang sangat asri dan romantis dilengkapi dengan saung-saung bambu
  • Kereta Wisata mengelilingi Icakan
  • Area Bazar
  • Danau Kecil Berisi ribuan ikan Koi
  • Terapi Ikan bagi Anda yang ingin membersihkan kulit kaki Anda
  • Taman Air ada kolam renang dan kolam Arus juga
  • Flying Fox
  • Roller Coaster
  • Pondok LG sebagai tempat menginap
  • Bebek Air
  • Taman Burung

Harga tiket masuk gerbang wisata ini hanya dikenakan Rp5.000. Namun jika Anda ingin menjelajahi dan menikmati setiap wahana yang ada Anda akan dikenakan biaya rata-rata Rp10.000 untuk setiap wahana. Sewa Gazebo atau saung Bambu tempat bersantai adalah Rp30.000,- 

Tempat ini sangat cocok bagi Anda dan keluarga yang ingin menghabiskan waktu liburan Anda di tempat yang memiliki fasilitas lengkap namun tka menguras kantong Anda.

Nah itu dia lima tempat yang dapat Anda kunjungi di Kabupaten Ciamis yang akan membuat Anda merasa bahagia dan nyaman tentunya. Semoga perjalanan wisata Anda ke Ciamis mengesankan.

Baca juga 

3 komentar:

  1. Waterpark Ciamis punya keren juga yah.. Good2!

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang keren bro...kayaknya warga ciamis patut bebrbangga....dan tak perlu repot ke water park daerah lain

      Delete