Friday, 23 September 2016

10:45:00
4
Wisata Lima Puluh Kota - Kali ini kita akan membahas sebuah kabupaten yang memiliki banyak sekali tempat-tempat wisata menarik. Lima Puluh Kota, sebuah kabupaten nan cantik yang terletak di timur Sumatera Barat ini memiliki keunikan dan keindahan tersendiri yang akan memberikan kesan mendalam bagi para wisatawan.

Kabupaten Lima Puluh Kota memiliki ibukota yang bernama Sarilamak. Kota Sarilamak memiliki jarak sekitar 118 kilometer dari Bandara Internasional Minangkabau dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam.

Keindahan kabupaten Lima Puluh Kota sangat menarik dan tak kalah indah dengan tempat-tempat lainnya di Sumatera Barat. Apa saja, objek wisata menarik tersebut ! Berikut ini Bang Mamad akan memilih tempat-tempat yang paling indah di Lima Puluh Kota.

1. Lembah Harau/Harau Valley

a photo by @belamarufi Via Instagram
Lembah Harau adalah salah satu lembah terindah yang ada di Indonesia. Keindahan alam yang terhampar membuat Lembah Harau menjadi tujuan wajib bagi para wisatawan di Lima Puluh Kota. Lembah Harau terletak di Nagari Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Koto. 

Perpaduan indah antara pesona bebukitan, tebing-tebing tinggi, sawah, air terjun dan pesona indah lainnya membuat mata enggan berkedip ketika berada di tempat ini.

Berjarak 14 kilometer dari kota Padang dengan waktu perjalanan sekitar 4 jam. Sedangkan dari Kota Bukittinggi berjarak sekitar 46 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam setengah.

Lembah Harau semakin memukau, dengan adanya beberapa pancuran air terjun di tebing yang luas tersebut. Air terjun indah tersebut adalah Air Terjun Akar Berayun, Air Terjun Sarasa Bunta, Air Terjun Sarasa Murai, dan Air Terjun Sarasa Luluh.

a photo by @rizkypramukti Via Instagram
Pesona air terjun di daerah yang juga merupakan situs cagar alam dan suaka margasatwa ini membuat siapa saja betah berlama-lama. Rasanya tak cukup sehari untuk menikmati Lembah Harau.

Bagi Anda yang ingin menginap, tak perlu khawatir. Fasilitas dan akomodasi di daerah ini cukup memadai. Resort dan penginapan telah tersedia di dekat objek wisata Lembah Harau.

Selain fasilitas tiket untuk mengunjungi tempat indah Lembah Harau Anda tak perlu mengeluarkan kocek yang besar. Anda hanya mengeluarkan biaya sekitar Rp5.000-Rp10.000,- perorang, Anda akan dapat langngsung menikmati keindahan Lembah Harau.

2. Kolam Ranang/ Pemandian Batang Tabik

sumber : www.lihat.co.id
Kolam renang unik ini terletak di Sungai Kamuyang, Luak, Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Berjarak sekitar 10 kilometer melalui jalan Jl. Moh. Yamin dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Jika Anda berada di Payakumbuh dan ingin menuju lokasi wisata favorit ini, tak perlu khawatir. Telah tersedia bus dan angkot yang memiliki rute melewati pemandian ini dengan tarif mulai dari Rp3.000,- sampai Rp5.000. 

Kolam renang yang konon airnya berasal dari Danau Singkarak ini terlihat begitu alami dengan air yang sangat jernih. 

Ketika memasuki kolam, Anda akan merasakan sejuknya air dengan bebatuan alami dibawahnya. Selain itu, di kolam pemandian ini terdapat ikan-ikan yang mampu menambah sensasi indah kala berenang. Udaranya begitu segar meski berada di pinggir jalan raya. 

Untuk masuk ke objek wisata menarik ini dikanakan biaya untuk untuk dewasa Rp7.000 per kepala sedangkan anak-anak Rp5.000 per orang.

3. Panorama Selat Malaka

sumber : nationalgeographic.co.id
Panorama Selat Malaka adalah sebuah view indah yang dapat Anda nikmati ketika berada di Pangkalan Koto Alam. Berjarak sekitar 41 kilometer dari pusat kota Payakumbuh melewati Jalan Lintas Sumbar Riau dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Setelah Anda terpesona melihat indahnya jalan layang kelok sembilan dengan hamparan pemandangan yang menakjubkan. Anda akan menemui sebuah pemandangan indah lagi, yaitu hamparan bebukitan yang diselimuti awan yang membuat mata enggan sedikitpun berkedip. 

Panorama Selat Malaka adalah tempat yang harus Anda singgahi ketika berada di Lima Puluh Kota. Baik untuk sekedar menikmati udara segar dengan hamparan pemandangan indah ataupun Anda yang ingin berselfie ria dengan latar alam yang menakjubkan.

4. Danau Buatan Koto Panjang

sumber : www.wego.co.id
Danau Buatan ini sebenarnya adalah waduk PLTA yang berada di perbatasan Riau dan Sumbar yaitu Koto Panjang. Berjarak sekitar 160 kilometer dari Sarilamak dan PAyakumbuh dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam elalui Jl. Bangkinang - Payakumbuh dan Jl. Sumbar-Riau.

Pemandangan alami dan asrinya membuat danau ini banyak dikunjungi masyarakat. Ada yang melakukan camping dan ada juga yang bersantai sambil menikmati makanan di warung-warung yang berada di dekat danau ini.

Air yang sangat jernih dan pemandangan asri mebuat danau yang dibuat tahun 1979 ini layak jadi tujuan wisata Anda dan keluarga.

5. Kapalo Banda Taram

sumber : travel.detik.com

Kapalo Banda Taram adalah sebuah bendungan yang mirip danau dengan pemandangan yang hijau dan tampilan panorama alam yang menakjubkan.

Objek Wisata Kapalo Banda Taram terletak di Nagari Taram, Kecamatan Harau,Payakumbuh. Berjarak sekitar 13 kilometer dari Kota Sarilamak dengan waktu temouh sekitar 20 menit melalui jalan Sumbar Riau.

Dari Payakumbuh ataupun Sarilamak, Anda dapat menuju lokasi ini dengan naik angkot maupun bus dengan tarif dari Rp3.000-Rp4.000 perorang. Anda dapat menikmati tempat ini lebih jauh lagi dengan menyewa rakit bambu dengan tarif Rp10.000,-.
Objek wisata yang dulunya sarana irigasi ini sangat ramai dikunjungi masyarakat. Karena keindahan tempat ini begitu terasa. Perpaduan antara bebukitan hijau, pepohonan dan segarnya udara serta jernihnya air akan membuat kegiatan berwisata Anda begitu berkesan.

6. Air Terjun Lubuk Batang

sumber : minangtourism.com
Rasanya air terjun ini layak dinobatkan sebagai salah satu air terjun terindah dan terunik yang ada di Sumatera Barat. Keindahan dan keunikannya benar-benar menyejukkan mata Anda.

Pesona tersembunyi Air Terjun Lubuk Batang yang terletak di Jorong Koto Bangun, Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota ini membuat perjalanan yang begitu lelah menjadi langsung terbayar tunai. 

sumber : www.infosumbar.net
Berjarak sekitar 91 kilometer dari Payakumbuh dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan dan berada cukup jauh dari jalan Sumbar-Riau. Dari kota Padang berjarak 218 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 6 jam perjalanan darat. 

Dari Jorong Koto Bangun Anda dapat menggunakan sepeda motor yang disewa seharga Rp50.000, ataupun menggunakan motor sendiri dengan kondisi jalan setapak yang cukup menantang. Setelah itu Anda harus melakukan trekking yang melelahkan selama dua jam.

Setelah sampai di lokasi wisata ini, Anda akan melihat keajaiban air terjun yang terletak di antara dua tebing batu yang mengapit dan ada pasirnya di tengah-tengah lokasi air terjun ini. Pasirnya putih seperti pasir-pasir pantai dan tebingnya lebar berwarna kecokelatan.

Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang sedang mencari surga tersembunyi yang masih belum banyak dikunjungi orang. Di tempat ini Anda juga dapat melakukan camping untuk menikmati objek wisata indah ini lebih lama lagi.

7. Balirik Larangan Resort

sumber : teraszaman.blogspot.com
Balirik Larangan Resort atau yang juga dikenal dengan Pilubang Resort terletak di Jorong Randah, di sebuah kenagarian Pilubang kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota.

Resort klasik dan indah ini berjarak sekitar 15 Km dari pusat kota Payakumbuh. Dari Kota Sarilamak berjarak sekitar 7 km dengan waktu tempuh sekitar 15 menit.

Resort dengan konsep syariah ini memiliki luas sekitar 43.000 hektar dengan fasilitas penginapan sebanyak 17 gubuk unik, aula dan kolam renang. Tersedia juga tempat makan yang memiliki cita rasa khas Sumbar yang menggugah selera.

Suasana indah di kawasan ini akan membuat Anda merasa nyaman berada di resort ini. Jadi tempat ini adalah pilihan tepat Anda untuk menginap dan menikmati wisata alam di Harau.

8. Kelok Sembilan

a photo by @indahdellaagustia Via Instagram
Jalan layang yang menghubungkan Sumatera Barat dan Riau ini merupakan salah satu jalan layang yang kerap dijadikan latar belakang foto para wisatawan yang datang ke Sumbar.

Kelok 9 adalah salah satu dari dua kelok yang memiliki pemandangan yang eksotis. Dikelilingi bebukitan indah, jalan layang ini merupakan salah satu destinasi unggulan yang pantas masuk daftar tujuan wisata Anda ketika berada di Bukittinggi, Payakumbuh ataupun jika Anda sedang berada di Sarilamak.

9. Air Terjun Lubuak Bulan Mungka

sumber : www.ondehmandeh.com
Satu lagi air terjun indah yang Terletak di Jorong Koto Tinggi Kubang Balambak, Kanagarian Simpang Kapuak, Kecamatan Mungka, Kabupaten Lima Puluh Koto, Propinsi Sumatera Barat.

Air terjun ini sangat unik dimana airnya turun dari atap gua mengalir bak selendang yang begitu halus. Keindahannya sulit dilukiskan dengan kata-kata.

Air terjun yang jatuh dari ketinggian 50 meter ini tak jelas arahnya ke mana. Karena hilang di dalam lubuk yang tak jelas aliranya ke mana. Tak seperti air terjun yang biasa alirannya mengalir deras ke sungai.

Air terjun eksotis ini sangat cocok bagi Anda pencinta trekking karena medan yang dilalui benar-benar menantang. Akan tetapi semua rasa lelah terbayar dengan keindahannya.

10. Air Terjun Sarasah Donat

sumber : www.ondehmandeh.com
Air terjun Sarasah Donat terletak di Desa Tarantang, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Desa ini dapat ditempuh dalam waktu ± 30 menit dari kota Payakumbuh atau ± 15 menit dari Kelok 9.

Air terjun indah ini sangat unik yang merupakan air terjun yang mengalir dari lobang menuju goa yang cukup gelap. Untuk sampai ke tempat ini hanya dapat diakses dengan menggunakan sepda motor dan dilanjutkan berjalan kaki menyusuri sungai dengan waktu sekitar satu jam.

Air terjun ini begitu indah dan bersih. Wajar karena lokasinya yang begitu sulit, air terjun eksotis ini sangat jarang dikunjungi wisatawan.

Nah itu dia tempat wisata pilihan di Lima Puluh Kota. Tempat-tempat indah dan eksotisnya layak kita kunjungi sebagai khasanah keindahan nusantara yang wajib kita jaga. Lima Puluh kota benar-benar indah. Jadi jangan lupa untuk mengunjunginya. Baca Juga .

4 komentar:

  1. Tempat dan pemandangannya bagus2 dan indah2 nih min, kalo saya kesana boleh nih minta dipandu wisata, solanya saya gk tahu daerah sumatera min..

    ReplyDelete