Sunday, 7 August 2016

00:28:00
4
Wisata Medan-Berbicara dunia pariwisata, tak lengkap rasanya jika kita tidak berkunjung ke salah satu kota metropolitan terbesar ketiga di Indonesia ini. Kota yang terkenal dengan transportasi unik becak motor ini merupakan salah satu kota yang menyimpan bangunan-bangunan tua yang memiliki nilai sejarah dan estetika yang tinggi. 

sumber : giavemaybayre.com.vn

Di ibukota Sumatera Utara ini terdapat banyak tempat-tempat nan indah dan menarik yang layak dijadikan tujuan wisata Anda. Bicara soal kuliner, terdapat begitu banyak tempat-tempat makan yang akan membuat lidah Anda bergoyang menikmati citarasa kuliner yang menggugah selera di Kota ini. Selain kuliner kota ini juga menawarkan objek wisata religi yang begitu banyak dengan nilai historis yang begitu menarik. 
Kali ini Bang Mamad akan membahas tempat-tempat meanrik dan favorit dikunjungi di Kota Medan. Yuk disimak !

1. Kawasan Cemara Asri Medan


sumber : www.dimedan.co
Salah satu pesona Kota Medan adalah wisata kuliner yang beragam. Di berbagai tempat di kota ini terdapat tempat-tempat makan yang enak yang tak hanya menjual makanan khas Sumatera Utara tetapi juga makanan khas dari daerah lain.Menjelang malam kawasan yang terdapat dalam kawasan komplek perumahan Cemara Asri mendadak ramai dengan penjual-penjual berbagai jenis makanan. Berbagai menu khas Indonesia dapat Anda temui di tempat ini seperti ayam penyet, soto, bakso, nasi goreng dan kuliner lainnya.

Selain makanan khas Indonesia di sini juga terdapat makanan enak dari negara lain seperti Chee Ceong Fun yang menjual mie gunting khas Hong Kong, Mr Tako Seiko yang menjual makanan khas Jepang, ataupun Fatty Belly yang menjual Lok-lok khas Malaysia. Chinese food tentu saja tak ketinggalan disini.Nah, untuk Anda para pencinta kuliner, tempat ini sangat cocok bagi Anda yang hobi makan. Karena dijamin makanan di sini sangat lezat.

2. Kantor Balai Kota Lama



a photo by pariwisatasumut on instagram
Gedung yang merupakan hasil pembangunan zaman kolonial Belanda ini memiliki daya tarik yang luar biasa untuk dijadikan sebuah latar foto.  Gedung Balai Kota merupakan kilometer nol di Medan. Gedung ini berada di jalan Balai Kota dan tepat di depan Kawasan Merdeka Walk dibangun pada tahun 1906 oleh arsitek bernama Hulswit. Arsitektur bangunannya bergaya klasik eropa membuat bangunan ini terlihat begitu cantik. Ditambah lagi dengan samping pintu masuknya terdapat pilar tinggi khas Yunani. Gedung ini merupakan sebuah kafetaria yang dikelola oleh pihak Hotel Grand Aston, selaku investor. Tetapi arsitektur bangunan masih tetap terjaga seperti aslinya hingga sekarang.

3. Kantor Pos Medan 


sumber : @luckypradito on instagram
Satu lagi bangunan bersejarah bergaya klasik eropa yang layak dijadikan tempat wisata yaitu kantor pos Medan. Lokasinya juga tak berjauhan dengan  merdeka walk membuat kantor pos ini menjadi salah satu objek wisata sejarah yang selalu ramai dikunjungi.
Karena keunikannya,tak sedikit pasangan yang menjadikan bangunan bersejarah ini menjadi latar foto pra wedding. Bangunannya yang khas yang menyerupai sarang burung merpati merupakan hal yang mampu menarik wisatawan untuk mengunjungi kantor pos tersebut.

4. Gedung London Sumatera


sumber : azizahrahim.wordpress.com
Gedung ini merupakan nama gedung sebuah perusahaan terbesar di Sumatera yaitu PT PP London Sumatera. Gedung ini selesai pada tahun 1909 awalnya adalah perusahaan karet terbesar di Sumatera. Gedung lima lantai ini didirikan dengan gaya arsitektur klasik Eropa dan merupakan gedung pertama di Kota Medan yang memiliki lift. Karena letaknya berdampingan dengan gedung berarsitektur eropa lainnya, Anda dapat menjadikan gedung Lonsum sebagai salah satu destinasi kunjungan Anda di kota Medan.

5. Menara Bakaran Batu


sumber : wongryantours.wordpress.com
Ini dia salah satu tempat yang menarik di Kota Medan. Menara yang terletak di pusat kota medan ini menjadi tempat untuk berfoto-foto dengan latar pemandangan yang bagus, apalagi di saat senja, tempat ini akan membuat Anda betah walaupun berjam-jam menghabiskan waktu disini. Selain menara yang indah dapat dijadikan latar foto, di sekitar kawasan menara ini merupakan pusat kuliner yang akan membuat Anda nyaman menikmati kawasan ini sembari menikmati beraneka ragam kuliner yang menggiurkan.

6. Istana Maimun


sumber :@ ielclaudio on instagram
Istana ini merupakan salah satu icon kota Medan. Istana yang dibangun Kesultanan Deli ini di arsiteki oleh arsitek Italia dan dibangun oleh Sultan Deli Sultan Mahmud Al Rasyid. Istana yang dijuluki istana putri hijau ini terletak di Jl. Sultan Ma'moen Al Rasyid No. 66, Medan Maimun, Kota Medan. Istana ini menjadi salah satu objek wisata yang senantiasa ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Istana seluas 2.772 meter persegi ini memiliki 30 ruangan yang terdiri dari 2 lantai serta memiliki 3 bagian yaitu bangunan induk, bangunan sayap kiri dan bangunan sayap kanan. 
Di dalam istana terdapat koleksi yang dipajang di ruang pertemuan, seperti foto-foto keluarga sultan, perabot rumah tangga Belanda kuno, dan berbagai jenis senjata. Satu hal yang uni di dalam musium yang cukup menyita perhatian yaitu meriam buntung yang memiliki legenda tersendiri. Orang Medan menyebut meriam ini dengan sebutan meriam puntung.
Bagi Anda yang ingin berkunjung, istana buka setiap hari jam 09.00-17.00 wib. Harga tiket masuk adalah Rp5.000,- dan jika Anda ingin berfoto menggunakan baju adat melayu, Anda cukup membayar biaya tambahan sebesar Rp10.000,-.

7. Menara Air Tirtanadi 


Sumber : dolandolen.com
Menara air Tirtanadi adalah menara yang pernah menjadi ikon Kota Medan. Letaknya yang sangat strategis membuat menara ini terlihat begitu menarik bagi para wisatawan. Menara yang memiliki tinggi 42 meter ini menjadi objek vital bagi kota Medan. Bangunan ini didirikan pada tahun 1908 oleh pemerintah Belanda, sebagai tempat penampungan air bagi masyarakat Medan. 
Menara ini terletak di Jl Sisingamangaraja, No 1. bergaya arsitektur bangunan yang unik dan menyimpan sejarah dari jaman kolonial Belanda. Meskipun bukan menjadi ikon kota Medan lagi, menara ini tetap memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Apalagi saat malam hari, lampu-lampu menambah keindahan menara ini.

8. Rumah Tjong A Fie



a photo by @ nawafabd on instagram
Rumah Tjong A Fie terletak di Jalan Jendral A. Yani No. 105, Medan. Tjong A Fie merupakan pengusaha sukses pada masanya yang berjasa membangun Kota Medan pada masa itu. Bangunan yang berarsitektur khas Tionghoa ini sangat banyak dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan kehidupan Tjong A Fie. Pada masa hidupnya, melalui kekayaan yang dimilikinya Tjong A Fie memberikan berbagai bantuan untuk pembangunan seperti pembangunan Istana Maimoon, Gereja Uskup Agung Sugiopranoto, Kuil Buddha di Brayan, kuil Hindu untuk warga India, Batavia Bank, Deli Bank, Jembatan Kebajikan di Jalan Zainul Arifin serta mendirikan rumah sakit Tionghoa pertama di Medan bernama Tjie On Jie Jan.

Nah, benar-benar kaya sejarah kan bangunan ini, di sini Anda dapat menikmati koleksi-koleksi unik yang kaya nilai sejarah sambil berfoto dengan atar belakang rumah antik bergaya Tionghoa.

9. Masjid Raya Al Mashun


sumber : mulpix.com
Masjid kebanggaan masyarakat Sumatera ini, dibangun pada tahun 1906 dan selesai pada tahun 1909. Masjid AL Mashun memiliki perpaduan gaya arsitektur antara arsitektur bergaya Timur Tengah, India dan Spanyol. Masjid ini merupakan salah satu tempat wisata religi yang dapat Anda kunjungi di Kota Medan. Masjid yang sangat megah ini, merupakan tempat yang nyaman untuk beribadah. Selain untuk beribadah Anda juga dapat melihat keunikan masjid ini yang kaya akan keunikan arsitektur dan sejarah dalam pembangunannya. Jika Anda ingin mengunjungi masjid ini, masjid ini beralamat di Jalan Sisingamangaraja, Medan Kota, Medan atau berada di pusat Kota Medan.

10. Merdeka Walk


a photo by @ ellahartinikusumah
Merdeka Walk terletak di Jl. Balai Kota, Medan Barat atau berada tepat di pusat kota Medan. Di lapangan yang amat luas Anda dapat mencicipi aneka kuliner khas Medan ataupun kuliner Nusantara. Selain itu beragam makanan asal mancanegara juga tersedia di kawasan ini. Merdeka Walk juga menyajikan hiburan dan arena pertunjukan pada malam hari, mulai dari remaja hingga keluarga. Harga makanan di tempat ini cukup bervariasi dan bersahabat. Rasanya belum ke kota Medan, jika Anda belum merasakan suasana Merdeka Walk.

11. Kampung Keling


sumber :betapunyaa.blogspot.com 
Kampung seluas sepuluh hektar ini memberikan suasana berbeda bagi para wisatawan yang berkunjung. Kampung yang disebut juga kampung Madras ini menawarkan suasana khas India yang kental. Kota tua Kampung Keling banyak menawarkan bangunan kuno yang masih kokoh berdiri. Selain itu banyak kuil nan unik berdiri sebagai citarasa wisata yang berbeda di Kota Medan. Di kampung ini terdapat kuil besar yang bernama Kuil Shri Mariamman yang tidak ada ubahnya dengan kuil serupa di India. Nah, bagi Anda pencinta wisata sejarah terutama kota tua, kampung ini dapat Anda jadikan sebagai objek wisata yang utama Anda kunjungi di Kota Medan. Apalagi, jika Anda pelesir ke kampung ini Anda juga akan menyelami kehidupan masyarakat yang begitu beragam dan bertoleransi.

12. Danau Siombak


sember : medan.panduanwisata.id
Danau ini terletak di Jalan Pasar Nippon, Kelurahan Paya Pasir, Medan Marelan, Kota Medan. Danau ini merupakan sebuah danau buatan yang sangat indah yang berjarak 18 km dari titik  nol kota Medan yaitu kantor pos Medan. Di danau ini Anda dapat berlibur bersama keluarga sembari menikmati keindahan pepohonan di sekeliling danau ini yang menghijau. Pengunjung danau ini salah satunya adalah para pemancing. Ya, danau ini merupakan salah satu spot terbaik bagi para pemancing. Selain ini, di danau ini terdapat wahana permainan air seperti Speed Boat, perahu motor, sepeda air, perahu dayung, bumper boat, paddle boat, dan ada juga disediakan hiburan musik, sehingga anda bersama keluarga boleh bernyanyi di panggung musik tersebut.

13. Sun Plaza


sumber : www.suaramedan.com
Terletak di Jalan Kh. Zainul Arifin No. 7, Kota Medan. Mall ini merupakan pusat perbelanjaan terbesar yang ada di Kota Medan. Merupakan pusat perbelanjaan dan hiburan favorit bagi para remaja, mahasiswa dan para keluarga. Mall ini dibuka pada tahun 2004 sangat berdekatan dengan kantor Gubernur Sumatera Utara. Mall ini sangat cocok bagi Anda yang doyan berbelanja dan menikmati hiburan di tempat-tempat yang ramai. 

14. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery


sumber : www.lihat.co.id
Rahmat International Wildlife Museum & Gallery adalah salah satu tempat menarik yang memiliki berbagai koleksi mengagumkan terdiri dari berbagai binatang liar diawetkan yang berasal dari tempat berburu di berbagai tempat di seluruh penjuru dunia. Untuk memasuki museum yang terletak di di Jl Letjen S Parman 309, Medan ini Anda harus mengeluarkan kocek berkisar Rp10.000 sampai dengan Rp20.000 perorang. Perlu Anda ketahui bahwa dengan mengunjungi tempat ini Anda akan merasakan berada di tengah-tengah satwa liar yang begitu beragam. Selain itu, di sini Anda juga dapat berfoto bersama hewan-hewan yang sudah diawetkan tersebut. Nah tunggu apa lagi, segera kunjungi galeri satwa liar pertama di Asia Tenggara ini.

15. Titi Gantung


A photo by  instagram @charles_s_s_pandiangan 
Jembatan Abad ke-18 Paling Bersejarah di Medan ini merupakan jembatan yang bergaya klasik Victoria dan dahulu tempat ini merupakan tempat favorit kolonial Belanda untuk menikmati sore di Kota Medan. Bangunan yang berstatus cagar budaya ini terletak di jalan Tjong Yong Hian No.16, Pasar Baru, Medan Kota. Jembatan bergaya klasik eropa ini sangat terlihat indah di malam hari. Nah, jika ke Medan tempat yang berdekatan dengan Vihara Setiabudi atau yang disebut Kuan Te Kong ini wajib menjadi salah satu objek persinggahan Anda.

Itulah beberapa tempat wisata menarik yang ada di Kota Medan. Semoga di Kota yang damai dengan beragam etnis dan budaya ini menjadi salah satu perjalanan yang mengesankan dan tak terlupakan.
Baca Juga 10 Pesona Indah Wisata Pulau Tidung Kepulauan Seribu Jakarta.


4 komentar:

  1. Fadly medan transport MENYEDIAKAN pakej tour fullboard 4d3n muslim berbaloi dan mewah.
    Bila nak guna transport saja pin boleh.
    Call to whatsapp langsung bertanya
    +6281376455045
    081260895495
    Tanpa orang tengah
    NO PAYMENT NO AGENT

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete