Sunday, 7 August 2016

22:38:00
3
Wisata Sumsel-Kali ini kita akan jalan-jalan di salah satu kabupaten yang ada di Sumatera Selatan. Lahat, sebuah kabupaten yang berjarak 220,4 kilometer dari Kota Palembang ini ternyata menyimpan pesona wisata yang luar biasa. Bayangkan di Kabupaten Lahat terdapat kurang lebih 76 air terjun. Oleh sebab itu kabupaten yang mempunyai motto sekanti setungguan ini layak dijadikan salah satu tujuan wisata yang menarik di Sumatera Selatan. 
Berikut tempat-tempat yang dapat Anda kunjungi jika berada di Kabupaten Lahat.

1. Air Terjun Curup Maung


sumber : @indonesiaoverview on instagram
Ini dia salah satu air terjun terkece di dunia, Curup Maung. Untuk menuju lokasi ini Anda harus menempuh jarak sekitar 25 Km dari ibukota Lahat atau 220 Km dari Palembang. Untuk mencapai lokasi air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 80 meter ini, Anda harus tracking menyusuri kebun kopi dengan jalanan yang sedikit licin. Saat telah mendekat ke air terjun, suara gemericik air membuat Anda tak sabar mencapai lokasi air terjun ini.


a photo by @mytrip_myadvntr on intagram
Ketika sampai 50 meter berada didekat air terjun akan terlihat pemandangan yang bikin merinding. Air terjun yang terletak daerah Gumai Ulu ini memiliki pemandangan yang masih alami. Setelah sampai Anda benar-benar melihat pemandangan yang benar-benar gokil. Air terjun yang ditemukan oleh beberapa mahasiswa pencinta alam pada tahun 2014 ini pernah menjadi trending topic dunia karena keindahannya.
Air terjun curup maung sangat unik dimana aliran airnya mengalir begitu harmoni diantara bebatuan dan rerumputan. Rasanya sayang kalau Anda tidak menceburkan diri ke air terjun yang sangat indah ini. Tapi hati-hati ya jika Anda ingin berenang karena arus sungai di bawahnya sangat deras. Tunggu apalagi, jadikan air terjun ini sebagai tujuan wisata Anda.

2. Air Terjun Desa Perigi

sumber : www.tribunnews.com
Air terjun Perigi, air terjun indah di hamparan kebun kopi ini merupakan salah satu air terjun yang wajib Anda kunjungi jika ke Lahat. Desa Perigi adalah desa yang berjarak 20 kilometer dari kota pusat ibukota Lahat. Untuk mencapai lokasi ini Anda bisa menggunakan kendaraan menuju desa Lubuk Sepang, kemudian menyeberangi Sungai Lematang dan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki setelah melewati jembatan gantung sepanjang lebih kurang 100 meter. Sesampai di air terjun ini Anda akan merasakan suasana hijau yang begitu indah dengan hamparan perkebunan kopi yang menyejukkan mata. Menurut warga, di sekitar air terjun ini juga sering muncul hewan seperti kancil, kijang dan rusa. Nah, dijamin ketika Anda sampai di kawasan air terjun ini Anda tak sabar untuk mandi dan menikmati air yang sangat dingin.


3. Taman Rekreasi Ribang Kemambang


sumber : agustraight.blogspot.com
Taman Ribang Kemambang merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi warga Lahat. Taman ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dengan pemandangan yang begitu asri. Menurut sebagian warga tempat rekreasi ini adalah tempat wisata alam, karena terdiri dari hutan lindung dengan luas sekitar 7 hektare. 
Beraneka ragam permainan ditawarkan seperti perahu bebek, playing fox dan bisa juga untuk menyalurkan hobi memancing. Selain itu tempat ini juga dapat dijadikan sebagai are camping dan out bond, tentunya dengan seizin pengelola.

4. Air Terjun Bidadari


a photo by @sutomo_dwi on intagram
Ini dia salah satu air terjun terindah di Lahat. Air terjun bidadari terletak  di Desa Karang Dalam dan berdekatan dengan beberapa air terjun lainnya yang ada di desa tersebut seperti Air Terjun Bidadari, Air Terjun Sumbing, Air Terjun Pandak, dan Air Terjun Hujan Panas.
Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter ini  memiliki kolam yang lebar sebagai tempat pemandian yang menyegarkan. Dari kolam inilah air mengalir ke Sungai Lematang melalui sungai kecil. Keindahan lainnya yaitu ketika pengunjung memandangi keindahan pohon-pohon rindang yang membentuk sebuah goa, sehingga membuat suasana semakin teduh dan nyaman.

5. Air Terjun Gunung Nyawe


sumber : sriwijayaonline.com
Air terjun yang dinamai cuhup gunung nyawe ini memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Ketika Anda sampai ke lokasi air terjun ini dijamin Anda akan terpesona melihat keindahan butiran halus air terjun yang gugur ke bumi. Seakan-akan tak sabar lagi untuk membasahi badan. 
Selain itu, dibalik air terjun ini juga tumbuh rerumputan yang semakin menambah keindahan air terjun ini. Alhasil, siapapun yang datang ke air terjun Gunung Nyawe tak sabaran untuk mengabadikan momen di air terjun nan super dingin ini. Air terjun Gunung Nyawe berada di Desa Talang Sejemput, Kecamatan Pulau Pinang, kabupaten Lahat, atau sekitar 40 menit dari Kota Lahat dengan akses jalan menuju lokasi sangat baik.

6. Sumber Air Panas Tanjung Sakti


sumber : palembang.tribunnews.com
Pemandian yang terletak di Desa Penandingan yang berada di perbatasan Desa Pajar Bulan dan Desa Pulau Panggung Kecamatan Tanjung Sakti, Lahat ini merupakan salah satu pemandian air panas alami yang menjadi favorit tujuan wisata warga. Untuk merasakan pemandian ini Anda tak dikenakan biaya sepeser pun.  Sama seperti pemandian air panas di tempat lainnya, air panas di sini juga dipercayai dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

7. Air Terjun Lawang Agung


a photo by @zakiikurniawan on instagram
Satu lagi air terjun nan menarik yang ada di Lahat. Air terjun Lawang Agung terletak di Desa Lawang Agung Lama, Kecamatan Muara Payang. Memiliki jarak sekitar 17 kilometer dari kota Pagaralam dan 36 kilometer dari ibukota kabupaten Lahat. Air terjun ini sangat indah  karena air terjun yang memilki ketinggian sekitar 50 meter ini mengalir langsung ke Sungai Linang yang begitu indah dan eksotis. Untuk mencapai lokasi ini pengunjung dapat melakukan perjalanan menyusuri jalan curam bebatuan sekitar 1 kilometer. Kelelahan Anda akan terbayar jika telah menyaksikan air terjun ini secara langsung.

8. Rumah Batu


Sumber : pecintawisata.wordpress.com
Selain air terjun, Lahat juga kaya dengan koleksi benda megalitik yang pada dindingnya terdapat lukisan kuno berupa makhluk-makhluk aneh. Salah satunya adalah rumah batu yang terletak di desa Kota Raya Lembak Kecamatan Pajar Bulan atau berjarak kurang lebih 80 kilometer dari ibukota Kabupaten Lahat. Di tempat ini tersimpan benda peninggalan zaman batu atau megalitikum berupa arca berukuran besar berbentuk manusia hingga batu datar peninggalan ratusan tahun lalu. 

9. Batu Macan


sumber : http://instidy.com/pesonalahatofficial
Jika berbicara batu macan, maka objek wisata ini sangat erat kaitannya dengan sebuah legenda yang sangat fenomenal yaitu Si Pahit Lidah. Batu macan yang terdapat di Kecamatan Pulau Pinang, Desa Pagar Alam Pagun ini merupakan batu seorang ibu yang sedang menggendong anak yang diterkam seekor macam. Menurut legenda karena sumpah si Pahit Lidahlah macan dan ibu serta anak tersebut berubah menjadi batu.

10. Sekolah Gajah Perangai di Bukit Serelo


sumber : @explorelahat on pictagram
Nah, ini dia salah satu tempat lain yang sangat menarik di Lahat. Sekolah Gajah Perangai merupakan merupakan salah satu penangkaran gajah di Indonesia. Sekolah Gajah ini berlokasi di Desa Perangai dan berada di kaki Bukit Serelo dengan luas sekitar 20 Hektare.  Setelah dari sekolah gajah ini, Anda dapat mendaki Bukit Serelo merupakan salah satu bukit terpopuler di Sumatera Selatan. Di atas Bukit pemandangan yang sangat indah yang akan membuat Anda betah di atas bukit.


a photo by @rivo_supriza on instagram
Wah, ternyata alam Lahat itu begitu indah, untuk itu kita wajib mensyukurinya. Salah satu cara yang tepat adalah dengan mengabadikan setiap momen yang ada saat kita mengeksplor keindahan alam. So, tunggu apalagi segera kunjungi kabupaten yang begitu indah ini. Baca Juga 15 Tempat Wisata Paling Menarik dan Favorit di Palembang Sumatera Selatan


3 komentar:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Hay teman-teman, yang ingin melihat objek wisata di Sumsel secara lebgkap bisa mengunjungi profil saya loh

    ReplyDelete