Tuesday, 26 July 2016

23:06:00
9
Wisata Merangin - Salah satu potensi wisata yang menakjubkan di Jambi adalah Geopark yang ada di Merangin. Nah, ternyata bukan hanya itu saja pesona keindahan Merangin. Ternyata Merangin memiliki telaga yang indah yang berdekatan dengan air terjun yang dinamakan air terjun Lima Belas tingkat. 

Air terjun dan telaga ini terletak di desa Tanjung Alam kecamatan Jangkat, tapatnya berjarak 130, 5 kilometer dari Kota Bangko Ibukota kabupaten Merangin dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam perjalanan darat.

sumber : metrojambi.com

Di desa Tanjung Alam Anda dapat menemukan telaga biru dan air terjun Lima Belas tingkat di kawasan hutan Sedingin yang termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Bukit Duabelas. Masyarakat desa Tanjung Alam sangat memilki kearifan lokal yang luar biasa, hal ini dibuktikan dengan terjaganya pepohonan besar di hutan ini dan tak ada aktivitas ilegal loging di sini. Tak heran ketika Anda memasuki kawasan hutan menuju telaga biru dan air terjun tujuh tingkat hawa dingin dan pohon-pohon besar akan menyambut kedatangan Anda dan membuat Anda semakin semangat menuju lokasi objek wisata tersebut. Air terjun yang memiliki air terjun Lematang ini memiliki keindahan yang amat luar biasa.

Setelah sampai di telaga biru, air yang sangat jernih dan berwarna biru akan membuat Anda tak sabar untuk menceburkan diri, berenang di telaga yang indah dengan pemandangan dan suasana yang menakjubkan. Memang telaga ini, aman untuk pengunjung yang ingin mandi tapi jangan lupa membawa pakaian ganti karena Anda akan menggigil kedinginan karena airnya serasa es. Setelah puas berenang dan berfoto-foto Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju air terjun yang indah dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit.

sumber : bumimerangin.blogspot.com
Sesampai di air terjun Lima Belas Tingkat Anda akan berdecak kagum karena keindahanya. Air terjun ini menjulang tinggi dan bertingkat Lima Belas dengan rerumputan hijau di sisi kiri dan kanannya. Percikan airnya terasa seperti es yang amat dingin. Demi keamanan, hati-hati jika Anda ingin mandi di sini karena kondisi yang licin. Memang sulit untuk digambarkan keindahannya, untuk itu wajib Anda kunjungi. Dan yang perlu diingat adalah Anda harus membawa bekal yang cukup, pakaian ganti dan tetap menjaga kebersihannya dengan tidak membuang sampah sembarangan.


9 komentar:

  1. Ada beberapa fakta tulisan (posting) ini perlu diralat.
    Telaga Biru ini pada awalnya kerap disebut masyarakat Desa Tanjung Alam dan sekitarnya Danau Hijau. setelah Kepala daerah (Bupati) Merangin berkesempatan berkunjung ke loaksi tersebut, namanya berganti dengan nama Telaga Biru.

    Untuk kawasan, secara administrasi memang benar berada didalam administrasi Desa Tanjung Alam, tapi tidak berada dalam kawasan Taman Nasional, lebih2 lagi penyebutan Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD) yang cukup jah dari lokasi ini.

    Untuk posting gambar/ foto, saya meyakini itu adalah Danau Kaco yang berada di Lempur Mudik, Kerinci. Sudut pengambilan gambar/ foto danau tsb berada disekitar air terjun kecil di bag. hulu/ asal air aliran danau kaco tsb.

    Demikian, semoga dapat dimaklumi dan tetap berkarya, salam.

    ReplyDelete
  2. Itu gambar nya kyk danau kaco d kerinci. Oh iya, klo d telaga biru jangkat itu bisa camping gak ya?? Terima kasih..

    ReplyDelete
  3. iya, itu danau kaco (kaca) di Lempur Mudik, Kerinci. Klow di telaga Biru (Ds Tanjung Alam, Jangkat TImur-Sei. Tenang), dapat camping.

    ReplyDelete
  4. sepertinya indah tempat nya ya^^

    ReplyDelete