Tuesday, 19 July 2016

11:33:00
5
Bengkulu merupakan salah satu propinsi di Sumatera yang memiliki potensi wisata yang luar biasa. Akhir-akhir ini Bengkulu dijadikan sebagai salah satu daerah utama tujuan wisatawan yang akan berkunjujng ke Pulau Sumatera. 

Salah satu yang terkenal dari propinsi Bengkulu dan menjadi icon pariwisatanya adalah bunga Raflesia yang amat dikenal oleh dunia. Nah salah satu kabupaten yang mempunyai tempat bunga Raflesia dan menjadi salah satu kabupaten unggulan di bidang pariwisata propinsi Bengkulu adalah Rejang Lebong.

Rejang Lebong adalah kabupaten yang beribukota di Curup. Curup merupakan salah satu daerah nan indah dan subur. Daerah Curup dan Rejang lebong yang dingin sangat indah dan pantas untuk dijadikan salah satu daerah pilihan Anda sebagai tempat wisata. Berikut pesona wisata yang dapat Anda temui di Curup dan Rejang Lebong :

1. Bukit Kaba dan Bunga Raflesia Arnoldi 


Sumber : https://www.facebook.com/notes/sofian-rafflesia
Bukit Kaba adalah gunung api kembar di Rejang Lebong. Jarak dari kota Curup adalah sekitar 14 km sedangkan dari kota Bengkulu sekitar 91 km dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

Dalam perjalanan suasana jalanan di Bengkulu benar-benar menarik. Alam yang indah ditambah dengan budaya serta kearifan lokal membuat mata enggan terpejam dalam perjalanan menuju Bukit Kaba.

Di sekeliling Bukit Kaba ini juga merupakan salah satu lokasi cagar alam bunga raflesia. Bunga yang amat terkenal itu dapat menjadi poin tambahan jika Anda berkunjung ke Bukit Kaba. Tapi bunga langka ini mekar hanya diwaktu-waktu tertentu saja. Jadi Anda harus menyesuaikan jadwal kunjungan Anda jika ingin melihat bunga ini.

Selain melihat bunga Raflesia Anda juga bisa mendaki puncak Bukit Kaba dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Pemandangan di atas benar-benar menakjubkan. Dari puncak terlihat kawah hidup Bukit Kaba yang mengepulkan asap belerang pada kaldera yang biru. Pengalaman yang luar biasa jika Anda dapat menyaksikan pemandangan indah dari puncak Bukit Kaba. Sangat sulit untuk digambarkan, untuk itu Anda wajib merasakannya sendiri dengan menjadikan Bukit Kaba sebagai tujuan wisata Anda di Bengkulu.

2. Danau Mas Harun Bestari 
sumber : http://4.bp.blogspot.com
Danau ini terletak antara kota Curup dan Lubuk Linggau. Lokasi tepat danau ini adalah di Kecamatan selupung Rejang, kabupaten Rejang Lebong. Lokasinya sangat dekat dengan jalan lintas Lubuk Linggau-Curup. Dari Bengkulu, berjarak sekitar 91 satu kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam setengah.

Danau yang memiliki luas 3600 hektar ini mempunyai daya tarik yang membuat Anda terkagum-kagum. Bukit-bukit mentereng di sekitar danau, kebun-kebun sayur dan air yang jernih membuat danau ini selalu ramai dikunjungi. Di tengah danau terdapat pulau yang kecil dan di atas pulau itu terdapat huruf "C" yang unik dan tak satupun yang tahu apa maksudnya.
  
Untuk fasilitas di danau ini Anda tak perlu khawatir. Karena lokasi yang amat dekat dengan jalan raya dan perkebunan masyarakat jadi fasilitas di danau ini cukup menunjang kenyamanan Anda.
  
3. Suban Air Panas

sumber :www.griyawisata.com
Satu lagi wisata alam yang terletak hanya 6 kilometer dari kota Curup yaitu Suban Air Panas. Objek wisata ini selalu ramai setiap akhir pekan karena pemandian ini bersih dan tertata indah. Kolam-kolam air panas yang bersih ihni selalu dijadikan lokasi berendam bagi warga, pasalnya air panas dapat berguna untuk penyembuhan berbagai penyakit kulit, pegal linu dan rematik.

Selain itu di lokasi ini juga terdapat air terjun yang memiliki ketinggian 90 meter yang indah dan sejuk.  Di lokasi ini juga menyimpan cerita batu peninggalan yang banyak diyakini mengandung nilai mistis. Batu tersebut diberi nama Batu Menangis. Jika Anda penasaran dengan kisah batu tersebut dan ingin merasakan pemandian air hangat dan air terjun di tempat yang sama. Suban air panas di rasa pantas untuk segera Anda kunjungi.

 
4. Air Terjun Kepala
sumber : http://oblongdj.blogspot.co.id
Air terjun yang amat ini merupakan salah satu air terjun terindah yang ada di Bengkulu. Di lokasi ini juga terdapat berbagai jenis flora dan fauna seperti berbagai jenis burung, monyet dan habitat bunga Rafflesia. Letak Air terjun Kepala di Desa Kepala Curup, Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong. Dari Kota Curup berjarak kurang lebih 30 Km dengan waktu tempuh sekitar 50 menit.
5. Wisata Lubuk Beso
Objek wisata yang terletak di desa Apur, 3 km dari Kepala Curup-Rejang Lebong. Lubuk Beso merupakan bagian sungai yang dalam dan tenang yang sangat cocok di jadikan spot untuk memancing. Selain mendapat ikan, di tempat ini Anda juga akan menikmati indahnya panorama alam yang ada di Lubuk Beso Desa Apur.
 
6. Kebun Binatang Diobagitte
Bukan hanya sekedar kebun binatang biasa. Kebun Binatang Diobagitte yang berjarak 4 km dari Kota Curup ini merupakan kebun binatang yang cukup unik danberbeda dari kebun binatang lainnya di Indonesia. Hal tersebut karena Diobagitte juga dilengkapi dengan  beberapa sarana antara lain kolam pemancingan, kolam renang, kolam air panas dan mandi uap. 
7. Kebun Teh Bukit Daun
Sumber : www. pixabay.com
Kebun teh yang berjarak 25 kilometer dari kota Curup ini berlokasi di Kecamatan Bermani Ulu, tidak jauh dari Kampung Melayu. Berada di Bukit Daun Anda akan merasakan udara yang sedap dan hamparan lukisan pemandangan hijau dengan latar pegunungan yang menyejukkan mata.
Sangat indah, tempat ini layak di jadikan objek unggulan wisata Rejang Lebong. Suasana tenang dan nyaman akan Anda temukan di tempat ini seraya melihat aktivitas produksi pertanian yang dilakukan oleh masyarakat setempat.
 
8. Air Terjun Sindang Kelingi
Air terjun ini merupakan air terjun yang cukup tinggi yang dimiliki propinsi Bengkulu. Untuk mencapai lokasi ini dari kota Curup Anda harus melakukan perjalanan dengan kendaraan menuju desa Sindang Jati.

Lokasi air terjun ini tak jauh dari pinggir jalan, namun butuh perjuangan yang sedikit ekstra karena Anda akan menemukan tebing curam dan sisa bangunan-bangunan Belanda yang dapat menghamabat perjalanan menuju lokasi utama air terjun ini.
 
9. Air panas Desa Tempel Rejo 
Air panas ini terletak di Kecamatan Curup Selatan dengan luasan 1.000 meter persegi. Air panas ini cukup luas dan indah sangat cocok dijadikan objek wisata pemandian bagi keluarga.

10. Telaga Puteri Tujuh Warna
sumber : www.kang-jufri.com
Objek wisata unik ini jarang Ada di tempat lainnya. Terletak di Desa Rimbo Pengadang. Kecamatan Air Dingin, Bengkulu. Untuk mencapai telaga ini, Anda harus menempuh jarak 70 km dari Kota Bengkulu. Kawasan telaga ini memiliki luas sekitar 50 hektare.

Empat buah telaga yang memiliki ukuran besar adalah telaga yang berwarna biru, merah, putih dan abu-abu, sedangkan tiga warna lainnya memiliki ukuran yang kecil yakni telaga dengan warna kuning, coklat dan hitam. Benar-benar unik. Sejauh matamemandang kekaguman Akan Anda rasakan dari karya terindah Tuhan ini.

Nah, itu dia tempat wisata indah di "Bumi Rejang " yang dapat Anda kunjungi. Persiapkan diri Anda untuk menikmati perjalanan di Kota ini. Satu lagi, tetap jaga kelestarian lingkungan ketika berwisata. Baca Juga :  20 Objek Wisata Paling Menarik Batusangkar Tanah Datar Sumatera Barat

5 komentar:

  1. Ada yang ketinggalan nich, Tambahin Air Terjun Tri Muara Karang,di kec. Sindang Kelingi tepatnya perbatasan desa sindang jati dan desa blitar.
    menurut q termasuk wisata paling unik karena terdapat 9 air terjun dengan 2 suhu (dingin dan panas) dan terdapat pula kolam renang air panas. wisata ini memang baru dibuka namun daya tarik luar biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih masukkannya insyallah nanti akan dibahas khusus

      Delete
  2. Wah..., jadi rindu pulang kampung. Saya kelahiran Curup. Pemandangan sekeliling yg indah, hijaunya perbukitan, air sungai yg jernih plus udara yg sejuk. Benar2 menyejukkan hati.... Terima kasih telah menampilkan pesona Curup melalui blognya. Salam

    ReplyDelete
  3. saya juga jadikangen mau pulang Curup. Rencana liburan juni juli ini balik curup. terimakasih infonya

    ReplyDelete
  4. air terjun tri muara karang bang the best https://youtu.be/Ffm2vsAyU_Y

    ReplyDelete