Monday, 28 December 2015

19:02:00
4
Info Wisata - Mengaku traveller addict, kurang lengkap rasanya jika belum mengunjungi objek wisata yang ada di Propinsi Jambi. Propinsi  yang terletak di timur Pulau Sumatera ini memang belum banyak di ekspos keindahannya baik oleh media lokal, nasional maupun internasional.
Padahal Jambi merupakan propinsi yang memiliki kekayaan alam warisan geologi yang mempunyai nilai ilmiah (pengetahuan), jarang memiliki pembanding ditempat lain (langka), serta mempunyai nilai estetika yaitu geopark merangin. Selain itu, Jambi juga memiliki bukti sejarah perkembangan agama Hindu-Budha yaitu candi Muaro Jambi. 
Keindahan gunung, sungai, sejarah, hutan, kehidupan masyarakat serta kekayaan lainnya yang dimiliki "bumi sepucuk Jambi sembilan lurah"  akan membuat anda tidak akan menyesal mengunjungi provinsi ini.
Berikut ini 5 tempat yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Provinsi Jambi :

1. Geopark Merangin


Geopark Merangin di perkirakan berumur 300 juta tahun.Beberapa waktu lau para peneliti dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco)  melakukan penelitian di situs Geopark atau taman bumi di Merangin, Jambi.

Taman Bumi Merangin memiliki luas 20.360 kilometer persegi. Terdiri atas 4 bagian yaitu aitu, Paleobotani Park Merangin, Highland Park Kerinci, Geo-Cultural Park Sarolangun, dan Godwana Park Pegunungan Bukit Tiga Puluh yang masuk wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat di Jambi.
Warisan kekayaan geologis Geopark Merangin lebih tinggi dibandingkan geopark lainnya, seperti di China dan Amerika Serikat. Sehingga Geopark Merangin menjadi ladang riset utama para geolog dunia dalam mempelajari evolusi bumi. Selain itu, Anda bisa melakukan rafting di kawasan ini. Penasaran, silahkan kunjungi langsung.

2. Gunung Kerinci dan Danau Gunung Tujuh 

Untuk para pendaki Gunung, Gunung Kerinci merupakan salah satu gunung yang menjadi tujuan utama karena gunung Kerinci merupakan gunung tertingi di Sumatera dan gunung aktif tertinggi di Indonesia (3805 mdpl).
Bagi wisatawan yang ingin sekedar menikmati keindahan alam Kabupaten Kerinci, Danau Gunung Tujuh bisa menjadi pertimbangan sebagai tujuan wisata. selain memiliki panorama alam yang menakjubkan, jalur yang dilalui juga jauh lebih mudah daripada Gunung Kerinci. Danau Gunung Tujuh terdapat di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro.

Danau ini terdapat di kawasan Gunung Tujuh, sebuah gunung yang berada tepat di belakang Gunung Kerinci. Gunung Tujuh masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Danau Gunung Tujuh juga merupakan salah satu Danau tertinggi di Indonesia, Danau ini berada di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut.
 Dengan ketinggian hampir 2 kilometer dpl itu bisa dibayangkan betapa dinginnya air Danau Gunung Tujuh di pagi hari. Meskipun begitu, berendam di Danau Gunung Tujuh dengan air yang sangat dingin menjadi tantangan sendiri bagi para pendaki.


3. Candi Muaro Jambi


Candi ini merupakan candi terluas di Asia Tenggara. Terletak di Desa Muaro Jambi, Kecamatan Muaro Sebo berjarak 26 kilometer atau dapat diakses kurang lebih 30 Menit dari kota Jambi.
Anda dapat melalu beberapa jalan alternatif melalui jalan Desa Jambi Kecik, naik pompong dari pasar Angso Duo ataupun menyeberang dari Desa Kemingking.
Candi ini merupakan sebuah kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di Indonesia yang kemungkinan besar merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Candi Muaro Jambi ditetapkan menjadi situs warisan dunia pada tahun 2009 lalu.

4. Taman Nasional Bukit Duabelas (TNBD)


Taman Nasional Bukit Duabelas adalah taman nasional yang terletak di Kabupaten Sarolangundan Merangin, Jambi. Taman ini merupakan taman nasional yang relatif kecil, meliputi wilayah seluas 605 km².
Di kawasan hutan lindung ini berdiam Suku Anak Dalam atau Suku Kubu atau Orang Rimba. Di sini Anda dapat merasakan sensasi berinteraksi dengan Suku Anak Dalam yang memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang unik.
Jenis Flora yang terdapat di taman nasional ini, antara lain: Jernang, Jelutung (Dyera costulata), Getah Merah (Palaquium spp), Pulai (Alstonia scolaris), Kempas (Koompassia excelsa), Rumbai (Shorea spp), Cendawan Muka Rimau (Rafflesia hasseltii), Jemang atau Palem darah Naga (Daemononorops draco), dan lain-lain.
Terdapat juga mamalia langka seperti Harimau (Panthera tigris sumatrensis), Beruang (Helarctos malayanus), Kancil (Tragulus napu) dan Burung Langka seperti Elang Ular Bido (Spilornis cheela), Enggang Klihingan (Anorrhinus amictus), Seluloyok (Anthracoceros malayanus), Rangkong Badak (Buceros rhinoceros), Buhung Gading (Buceros vigil), Paok Delima (Pitta granatina), dan Tiung (Gracula religiosa)

5. Pantai Cemara Tanjung Jabung Timur


Pantai ini menawarkan eksotisme ekosistem dan sensasi liburan yang berbeda bagi Anda. Kondisi pantai yang masih alami dan suasana khas pesisir membuat penat akan hilang.
Pantai Cemara merupakan pantai tempat burung-burung air mencari makan. Pada bulan Oktober, November dan Desember atau pada saat di Australia musim dingin. Burung tersebut pindah ke Siberia dan singgah di Sungai Cemara dan sebaliknya berkumpul burung migrasi dari daratan Asia atau Australia. Tidak kurang dari 50 spesies burung air dapat disaksikan di pantai ini.

Baca Juga Telaga Biru dan Air Terjun Tujuh Tingkat Pesona Wisata Jangkat Merangin yang Paling Menarik dan Menakjubkan
Newer Post
Previous
This is the last post.

4 komentar:

  1. yang ini kapan2 boleh dak aku jadikan thread di kaskus di

    ReplyDelete
  2. eh dak jadi, sudah ado yang bikin threadnyo malahan lebih lengkap

    ReplyDelete
  3. hmm asli jambi nich, ntar kalau aku ke jambi , aku main deh ke tempat agan sekaligus jadi guide yang posting pasti tau jalan jalannya :) :) :D

    hxxp://lukmanfiles.16mb.com/menjadi-pria-idaman/cara-menyakiti-hati-p/

    ReplyDelete