Thursday, 31 December 2015

23:28:00
10
Info Wisata - Berada di Kabupaten Merangin atau ingin berkunjung ke sana? . Tahukah Anda, banyak tempat wisata alam yang dimiliki Kabupaten Merangin. Nggak kalah sama Kabupaten Tetangganya Kerinci. Nah buat para travel addic inilah 10 tempat wisata yang wajib dikunjungi.

1. Air Terjun Segerincing

Terletak di Dusun Tuo Kecamatan Lembah Masurai, Kabupaten Merangin. Air ini memiliki ketinggian 62 meter. Panorama di sekitar air terjun ini sangat indah dan alami. Cocok untuk kamu yang memiliki jiwa petualang.

Percikan air terjun ini  berembun seperti asap warna putih yang mencapai ketinggian 50 meter. Sedangkan di dasar air terjun ada pelataran tempat mandi yang dapat dicapai melalui tangga beton sepanjang 150 meter. Untuk mencapai ke lokasi ini Anda menempuh jarak 80 Kilometer dari Kota Bangko (ibukota Merangin)

2. Taman Bumi Geopark


Geopark Merangin di perkirakan berumur 300 juta tahun. Beberapa waktu lau para peneliti dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco)  melakukan penelitian di situs Geopark atau taman bumi di Merangin, Jambi. 

Selain belajar dan penelitian, Liburan Anda akan menjadi indah dengan melakukan arung jeram. Yak, bisa dibilang salah satu Spot Rafting terbaik di Indonesia.

Geopark ini secara keseluruhan luasnya adalah 20.360 KM persegi. Untuk mencapai lokasi Geopark dapat ditempuh dengan perjalanan sekitar 1 jam dari Kota Bangko pusat Kabupaten Merangin. Kabupaten Merangin sendiri bisa ditempuh dengan perjalanan 6 jam dari Kota Jambi.

Geopark  Merangin Terdiri atas 4 bagian yaitu  Paleobotani Park Merangin, Highland Park Kerinci, Geo-Cultural Park Sarolangun, dan Godwana Park Pegunungan Bukit Tiga Puluh yang masuk wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Barat di Jambi.

Geopark ini, sepertinya dalam waktu dekat akan menjadi warisan dunia yang begitu berharga.

3. Cagar Alam Gua Tiangko

Gua Tiangko terletak di Dusun Tiangko Panjang, Desa Tiangko, Kecamatan Sungaimanau. Akses menuju gua ini tidak terlalu sulit dan hanya berjarak kurang lebih dua jam perjalanan dari kota Bangko.

Gua ini dapat dijumpai dengan menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari Kota Bangko pusat Gua ini sendiri memiliki luas sekitar 200 meter persegi dengan lebar 10 meter dan kedalaman 23 meter. Untuk luas wilayah secara keseluruhan sekitar 1,5 hektar. Udara segar dan dingin akan Anda rasakan dalam perjalanan ke Gua ini.

Pepohonan yang menjulang dan masih asri dihiasi dengan kicauan burung. Terlihat mulut gua berukuran besar sehingga di dalamnya tidak terlalu gelap. Lantai gua merupakan pasir putih dan bebatuan. Dindingnya berbentuk cerukan yang sudah ditumbuhi lumut dengan langit-langitnya yang berwana corak hitam menyerupai lukisan dan terlihat batu yang bergelantungan memanjang secara vertikal. Keindahannya dilengkapi oleh pepohonan yang sangat asri.

4. Taman Buaya Arboretum

Terletak di Desa Langling Kecamatan Bangko, atau biasa dikenal Taman Buaya di Dusun Mudo, Bangko. Lokasi ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat selama 10 menit dari kota Bangko. Taman wisata ini merupakan perpaduan antara objek wisata alam dan objek wisata buatan.

Di dalam kawasan objek wisata ini terdapat kawasan hutan dengan jenis-jenis pohon langka, air terjun Sungai Piul, kolam tempat penangkaran Buaya dan tempat penangkaran Rusa Tutul yang didatangkan dari taman safari Bogor.
 

5. Batu Bertulis

Batu bertulis ini terletak di Desa Karang Berahi, Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin.  Batu bertulis ini menggunakan tulisan Sanskerta berbahasa Melayu Kuno dan dibuat sekitar tahun 686 Masehi.

Prasasti yang berbahasa Melayu ini berisikan kutukan terhadap siapa yang berani merusak satu prasasti. Melihat pada lokasi Batu Bertulis Karang Berahi, merupakan Objek wisata yang sangat berkesan untuk dinikmati, karena disamping pembuktian sejarah masa lalu ditempat ini para wisatawan juga dapat menikmati naik perahu atau bersampan di Sungai Merangin.


6. Dam Betuk

Nama dam  ini berasal dari nama ikan yang ada di waduk ini yaitu betok. Objek wisata dam betuk berada di daerah kecamatan tabir lintas, kabupaten merangin propinsi jambi. Objek wisata dam betuk yang dalam bahasa jambi dam=bendungan atau waduk jadi dam betuk adalah waduk yang bernama betuk. Waduk ini sangat nyaman dinikmati karena suasana alaminya dan kita dapat berfoto selfi dan bermain perahu di dam ini.





7. Rumah Kajang Lako Berumur 683 Tahun di Rantau Panjang

Rumah Tuo yang berada di Desa Rantau Panjang tepatnya di RT 1 Desa Kampung Baruh, Kecamatan Tabir dan sudah berusia 683 tahun. Lokasinya berjarak sekitar 27 km dari kota Bangko pusat pemerintahan Kabupaten Merangin. Melalui Jalan Lintas Sumatera kearah Kabupaten Bungo, menuju rumah bersejarah ini pun bisa ditempuh sekitar 30 menit dengan menggunakan kenderaan roda dua dan empat. Rumahnya tidak terlalu lebar, hanya 7,5 meter dan panjang 13 meter.

Bentuk rumah ini seperti rumah panggung dengan tinggi keseluruhan  sekitar 10 meter. Rumah kajang lako ini unik, dimana tiangnya yang berjulah 24 dialaskan batu, masyarakat setempat menyebutnya ‘sendi’. Kegunaannya sendiri untuk menghindari dari gempa.

8. Goa Sengayau

Goa yang terletak di Desa Sungai Pinang Kecamatan Sungai Manau Kabupaten Merangin, memiliki luas sekitar 10.000 ha merupakan daerah perbukitan yang termasuk dalam kawasan zona penyangga (Bufer zona) Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS).

Untuk menuju kawasan Goa Sengayau dari Jambi membutuhkan waktu 8 jam dengan menggunakan bus ke arah Kerinci, berhenti di pasar Sungai Manau dan melanjutkan ke Sungai Pinang dengan menggunakan transportasi local yang langsung berhenti di pesenggerahan jembatan tiga.

Goa ini sangat indah dan alami.  Beberapa  goa yang terdapat di kompleks Goa Sengayau antara lain Goa Masjid, Goa Ahmad, Goa Tancap, Goa Ventaris, Goa Riben, Goa Siginjai, Goa Asap, Goa Air Daya, Goa Sempit, Goa Lapangan, Goa Batang dan masih banyak lagi baik vertical maupun horizontal. Ada keunikan tersendiri di kawasan Goa Sengayau, karena siapa yang pertama menemukan Goa, maka nama dialah yang melekat untuk goa tersebut dan ini sudah menjadi kebiasaan, seperti Goa Ahmad, Goa Ventaris dll.
 

9. Air Terjun Dukun Batuah

Air terjun ini tergolong mistis. Berlokasi di Desa Rantau Suli dinamai oleh masyarakat setempat dengan nama Air Terjun Dukun Batuah.  Air terjun setinggi 100 meter tersebut sangat sulit diakses. Sangat cocok untuk traveller yang suka tantangan.

10. Air Terjun Perentak (Telun Perentak)

 Air Terjun ini  terletak Di Kecamatan Pangkalan Jambu, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Dari Kota Bangko ( Merangin ) Sekitar 56 Km. Memili ketinggian sekitar 198 meter, air terjun ini memberikan panorama yang sangat menarik. Air terjun yang satu ini, sangat populer di daerah lokal dan banyak dikunjungi. 

Air terjun ini di kelilingi oleh bukit-bukit yang indah, hutan yang hijau dan Air sejuk jernih membuat semua orang yang datang kesini tak sabar untuk merasakan sensai mandi di bawah air terjun ini. Penasaran, silahkan datang ke Merangin.







11. Danau Depati Empat (Danau Gedang)

Pesona Jangkat tak ada habisnya. Satu lagi objek wisata yang ada di Kecamatan ini adalah danau Depati Empat. Danau ini berada di ketinggian 1200 mdpl menawarkan ketenangan dan keindahan yang menakjubkan.

Danau yang berada dalam kawasan Hutan Konservasi, yakni kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) di atas ketinggian 1.200 M dari permukaan laut dengan luas  271 Ha berada disebelah barat daya dari Kota Bangko, pusat ibu kota Kabupaten. 

Danau ini sangat asri, dikelilingi perbukitan hutan yang rindang. Selain hutan yang lebat, air jernih, dan aneka ragam jenis ikan, danau ini juga dihiasi dua gunung kembar, yaitu bukit Pandan dan bukit Pandan Bungsu.

12. Danau Pauh

Danau Pauh terletak di Desa Pulau Tengah, Kecamatan Jangkat, Kabupaten Merangin. Danau ini menawarkan panorama alam yang indah. Sekelilingnya dipenuhi dengan pepohonan yang menjulang dan masih alami.Danau ini berjarak lebih kurang dari 96 meter dari Kota Bangko ibu Kabupaten Merangin.

Akses sangat mudah di jangkau, lokasinya yang strategis, yakni di wilayah Dusun Danau Pauh juga sudah bisa dilalui kenderaan roda empat. Dari Bangko sekitar 3 jam kurang lebih Memiliki parkir kenderaan yang cukup aman dan dijaga oleh para petugas dengan membayar RP10 ribu serta tiket masuk Rp5 ribu per orang.Berbentuk bulat dengan luas sekitar 30 hektare, ini dapat memanjakan mata anda. Terlebih lagi air danau yang sangat jernih. Kedalaman danau diperkirakan mencapai 20 hingga 50 meter. Tak hayal danau ini selalu dikunjungi para wisatawan.

 13. Gunung Masurai


Gunung Masurai adalah Gunung yang  terletak dalam tiga wilayah Kecamatan dalam Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi, yaitu Kecamatan Lembah Masurai, Kecamatan Jangkat dan Kecamatan Sungai Tenang. Untuk menuju lokasi ini memerlukan waktu 6 jam setengah dari kota Bangko.

Gunung ini disebelah barat daya dari Kota Bangko dengan jarak sekitar 110 km. Gunung ini memiliki dua buah danau vulkanik, yaitu Danau Kumbang  dan Danau Mabuk.

Pada sebalik gunung ini pula, memancarkan beberapa sumber mata air. Adalah yang telah dikenal namakan oleh banyak orang dan masyarakat umum adalah mata air Batang Tembesi.
Gunung ini memiliki ketinggian 2935 mdpl. Untuk mendaki gunung ini kita melewati hamparan kebun penduduk nan indah yang menawarkan sisi lain dari keindahan alam.

14. Grao Sakti Renah Kemumu

Grao sakti ini terdapat di Desa Renah Kemumu (Marga Serampas) yang berjarak 150 KM dari Kota Bangko pusat Kabupaten Merangin. Grau ini sangat indah, air grao yang jernih dan panas mengeluarkan asap putih yang tebal. Sekeliling air panas itu juga dihiasi hutan yang yang lebat.  

Aura mistik pun cukup kental. Ketinggian semburan air grao (geyser yang berada di pinggir sebuah sungai) sehari-hari bervariasi. Atraksi menariknya, jika "pawangnya" didatangkan, dengan sebuah teriakan dan tepukan dari sang pawang, semburan air bisa naik sampai beberapa meter.

15. Air terjun Muara Kibul
Air terjun ini Berada di Muara Kibul Kecamatan Tabir Barat, Kabupaten Merangin. Berjarak kurang lebih 70 KM dari kota Bangko. Air terjun ini sangat indah dan memiliki tiga tingkatan. Suasana menuju ke lokasi ini sangat segar dan dingin. Dan Air Terjun yang sangat Indah ini belum banyak dikunjungi karena terbatasnya akses. 

Jadi perlu dicatat nih, kalau kalian mencari salah satu Destinasi Wisata di Sumatera, kunjungi saja merangin ya guys.

10 komentar:

  1. hmmm biayanya berapa nich gan bisa mengunjungi seluruh tempat wisata sebanyak itu, kebayang gan,tapi tempatnya indah indah jadi pengen kesana :) :-)

    hxxp://lukmanfiles.16mb.com/menjadi-pria-idaman/emosi-stabil-adalah-kunci-pria-idaman/

    ReplyDelete
  2. Air terjun talalang jaya desa telentam tidak masuk y

    ReplyDelete
  3. Air terjun puti daber,, sebaiknya dimasukin jga, thank you

    ReplyDelete
  4. Air terjun puti daber,, sebaiknya dimasukin jga, thank you

    ReplyDelete
  5. bagus banget, Merangin

    PM Nuraadsl.blogspot.com

    15 Tempat wisata di Kabupaten Tanjung Jabung Barat

    ReplyDelete
  6. Tempat wisata yg mantap,,, kapan - kapan kami akan k sana... Tunggu y...

    ReplyDelete
  7. Sangat indah dan menyenangkan wisatanya...kapan - kapan Kami akan k sana... Tunggu ya...

    ReplyDelete